Kiat Rawat Vespa Lawas agar Tetap Prima

Foto: Tokopedia

OTO Mounture — Belakangan ini, kendaraan lawas mulai banyak diminati untuk sekedar sebagai koleksi ataupun dipakai harian. Salah satunya ialah Vespa klasik yang masih banyak peminatnya.

Sayangnya, karena usianya, Vespa lawas ini sangat rawan dengan kerusakan. Salah satu yang sering terjadi adalah mogok di jalan. Oleh karenanya, penting bagi pemilik kendaraan tua untuk mengetahui cara perawatan agar performa tunggangan tetap prima.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kiat merawat vespa klasik atau lawas.

1. Periksa tangki bahan bakar

Vespa klasik kerap kali bermasalah pada tangki bahan bakar yang berkerak. Hal ini dikarenakan telah lama digunakan sehingga menimbulkan kerak dan berakibat menghambat sistem pembakaran. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pengurasan bensin.

2. Periksa busi secara berkala

Sebagai salah satu komponen penting, busi merupakan sumber pengapian untuk pembakaran pada mesin. Jika busi berkerak maka motor akan sulit dinyalakan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan dan bersihkan busi secara berkala. Lakukan setidaknya satu minggu sekali dengan membersihkannya menggunakan amplas.

BACA JUGA:

Kesalahan Pemula saat Naik Motor Listrik

Piaggio Indonesia Luncurkan Genuine Vespa Helmet, Harganya Rp1 Jutaan

3. Gunakan oli samping berkualitas

Oli samping pada Vespa klasik bukan berfungsi untuk proses pembakaran. Jadi, pilih oli samping terbaik di kelasnya agar performa Vespa klasik terjaga dan tidak menimbulkan kerak.

4. Cek kondisi karburator secara berkala

Kondisi karburator juga harus diperiksa secara rutin. Karburator jadi salah satu komponen yang sering bermasalah pada Vespa klasik karena terjadi penyumbatan. Saat mengecek karburator, lakukan juga pembersihan. Caranya, dengan menggunakan cairan khusus untuk membersihkan karburator atau bisa menggunakan bensin.

5. Rutin ganti oli

Oli mesin pada Vespa klasik juga harus diganti secara berkala. Sebab, oli mesin sangat berpengaruh untuk performa mesin untuk melumasi mesin. Jika Vespa klasik Anda tidak rutin digunakan, sebaiknya tetap dihidupkan dan dipanaskan setiap hari untuk mencegah oli mesin mengendap.

Selain itu, disarankan untuk tetap mengganti oli mesin kendati motor tidak rutin digunakan.

(om/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *