Kiat Berkendara agar Irit BBM

Ilustrasi (Foto: dok. BPH Migas)

OTO Mounture — Belakangan ini, harga jual bahan bakar minyak (BBM) terus melambung tinggi. Hal itu pastinya membuat kantong ‘merana’, namun tak perlu khawatir sebab ada beberapa cara untuk bisa menghemat BBM tersebut.

Adapun untuk melakukan efisiensi bahan bakar, maka diperlukan beberapa teknik berkendara yang juga bisa membuat konsumsi BBM kendaraan kalian. Melansir laman resmi Honda Indonesia, berikut beberapa kiat menghemat bahan bakar yang bisa dicoba.

1. Atur laju kendaraan secara bertahap

Saat Anda ingin menaikkan kecepatan, jangan menekan pedal gas dalam-dalam secara mendadak karena konsumsi BBM akan lebih besar. Begitupun saat melakukan pengereman, dibandingkan mengerem mendadak lebih baik Anda melepas pedal gas dari jarak jauh sampai mobil berhenti dengan sendirinya.

2. Usahakan laju kendaraan stabil

Karena dengan laju kendaraan yang stabil, bahan bakar yang digunakan bisa lebih efisien. Jika mobil kalian punya fitur Cruise Control, itu akan lebih memudahkan karena fitur itu akan mengunci kecepatan laju kendaraan tanpa perlu menginjak gas terus menerus.

BACA JUGA: Uji Emisi Bisa Buat Irit BBM? Ini Jawabannya

3. Ketepatan penggunaan gigi (persneling)

Hal ini berlaku untuk Anda yang menggunakan mobil bertransmisi manual. Apabila Anda menggunakan gigi tinggi untuk jalan menanjak atau menggunakan gigi rendah di jalan landai terus menerus, tentu membuat mesin bekerja lebih keras dari yang seharusnya dan berdampak pada konsumsi BBM.

4. Tutup kaca mobil

Mematikan AC dan membuka jendela untuk mendapatkan angin segar dipercaya bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Iya benar, asal dilakukan dalam kecepatan rendah. Namun, tidak berlaku jika kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, jendela mobil yang terbuka membuat angin yang kencang masuk ke dalam kabin sehingga menghambat laju kendaraan.

5. Kurangi beban

Sama seperti konsep kaca mobil, membawa barang terlalu banyak juga membuat mobil lebih berat dan mesin harus bekerja ekstra. Sebaiknya bawa barang seperlunya saja sesuai dengan kapasitas yang dianjurkan oleh produsen mobil.

6. Jika ada, gunakan fitur hemat BBM

Pada beberapa jenis mobil keluaran terbaru, ada fitur eco-driving yang membuat kerja mesin lebih efisien. Biasanya ditandai dengan icon berwarna hijau yang menyala pada panel instrumen.

7. Perawatan berkala

Perawatan dapat dilakukan setiap bulan ke enam, tahun pertama, kedua, dan seterusnya. Dan kalau bisa lakukan perawatan ke bengkel resmi agar lebih terjamin pelayanannya. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.