Simpan Helm yang Jarang Digunakan, Ini Caranya

Ilustrasi helm (dok. RSV Helmet)

OTO Mounture — Di tengah pandemi Covid-19 ini, banyak kegiatan yang harus dibatasi, salah satunya adalah kegiatan bepergian jauh dengan kendaraan seperti sepeda motor. Hal ini pastinya akan membuat kendaraan harus terparkir di rumah saja.

Selain itu, perlengkapan berkendara seperti helm pun harus disimpan dalam jangka waktu yang lama. Perlu diketahui, helm yang jarang dipakai jika salah dalam hal perawatan dan penyimpanan bisa menimbulkan jamur yang membuat helm jadi bau.

Berikut ini tips menyimpan helm yang tidak digunakan dalam waktu yang lama.

1. Cuci helm sebelum disimpan

Sebelum melakukan penyimpanan helm, sebaiknya lakukan pencucian dan bersihkan dahulu helm tersebut. Usai dicuci, lakukan penjemuran helm hingga benar-benar kering semuanya. Lalu, lakukan pembersihan kembali dengan mengelap helm dengan menggunakan kain yang halus, bersihkan debu yang mungkin menempel saat dijemur.

2. Lepas busa helm

Jika helm kalian memiliki busa yang bisa dilepas, maka sebaiknya lepaskan busa atau padding helm. Lalu simpan di tempat penyimpanan helm agar tidak lupa lokasi penyimpanannya ketika akan digunakan.

3. Masukan helm ke dalam sarung

Gunakan sarung helm atau cover helm saat akan menyimpannya, gunanya untuk menghindari helm terkena debu. Gunakanlah sarung helm yang rapat agar debu tidak mudah masuk.

4. Simpan di tempat khusus

Simpanlah helm di tempat yang khusus untuk penyimpanan atau menggunakan rak helm yang tertutup. Jangan menyimpan helm di sembarang tempat, yang bisa berpotensi menjadikan helm berdebu, atau bahkan menjadikan sarang semut, laba-laba, atau kecoa. (OM/MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.