Kiat Pilih Model Sepatu Boot untuk Riding

(Foto: Wahana Honda)

OTO Mounture — Berkendara dengan sepeda motor tidak hanya membutuhkan keterampilan, tetapi juga perlengkapan yang memadai. Salah satunya sepatu yang digunakan untuk berkendara atau riding.

Adapun sepatu untuk riding memiliki banyak jenisnya, salah satunya sepatu boot. Selain untuk membuat penampilan lebih bergaya, sepatu boot juga berguna sebagai pelindung kaki saat terjatuh atau terjadi kecelakaan.

Kendati demikian, bikers tidak boleh sembarangan dalam memilih sepatu boot yang akan digunakan untuk riding. Dikutip dari laman Wahana Honda, berikut ini kiat memilih model sepatu boot untuk riding.

1. Bahan kulit tebal

Meskipun sepatu boot memiliki ketebalan kulit yang beragam, disarankan menggunakan sepatu dengan kulit yang tebal dan fleksibel dalam berkendara sehari-hari. Sebab ini membantu bikers untuk menggerakkan kaki secara bebas, bahkan mendapatkan perlindungan secara keseluruhan.

Semisal terjatuh dari motor, tentu sepatu boot dengan kulit tebal jadi tidak gampang robek, dan mampu melindungi kaki dari memar serta goresan benda tajam. Sepatu boot dari kulit tebal, juga dijamin awet.

BACA JUGA: Ini Tanda Kampas Rem Motor Perlu Diganti

2. Sol karet

Sepatu boot sebaiknya juga membutuhkan daya cengkram kuat untuk berkendara. Karenanya gunakan sepatu bot dengan sol karet, yang mampu memberi daya cengkram. Dengan begini, kaki tidak slip atau mudah tergelincir, terutama ketika melintas di jalan licin. Bahkan, bisa melindungi kaki dari benda tajam juga.

3. Jahitan kuat

Sebuah sepatu boot, dengan sol berdaya cengkram kuat saja sebetulnya tidak cukup. Sepatu bot yang baik adalah yang memiliki jahitan badannya menyatu dengan kuat dengan sol sepatu. Jadi bukan sekedar asal ditempel menggunakan lem untuk menyatukannya.

Jahitan ini sangat berperan untuk memastikan bahwa sepatu bot tidak mudah robek di bagian sol, ketika bikers terjatuh dari sepeda motor. Jahitan sepatu yang baik membantu daya tahan sepatu dan memungkinkan pengguna untuk menggunakannya selama bertahun-tahun.

BACA JUGA: Ini Tips Lakukan Adventure Riding

4. Cocok di segala cuaca

Biasakan menggunakan sepatu dengan kondisi kaki tetap kering. Pilihlah sepatu yang tahan air meski terbuat dari kulit yang dipoles, seperti suede. Hal ini bertujuan untuk melindungi kaki ketika hujan atau secara tidak sengaja menginjak genangan air.

Jangan lupa pilih sepatu yang memiliki ventilasi yang baik, sehingga kaki masih bisa bernafas meski kondisi cuaca dan jalan sedang panas.

5. Perhatikan tali sepatu

Saat memilih sepatu boot, pilih yang bertali. Sebab sepatu bisa dilonggarkan atau dikencangkan terutama jika pengendara sepeda motor menggunakan kaus kaki. Pilih sepatu dengan tali tebal, atau terbuat dari bahan ripcord yang keras dan tahan lama. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *