Ini Cara Merawat Helm Supaya Tidak Mudah Kusam

Ilustrasi helm (dok. istimewa)

OTO Mounture — Helm merupakan salah satu piranti keselamatan yang wajib digunakan oleh pengendara motor atau biasa disebut dengan sebutan bikers. Guna helm sendiri adalah untuk melindungi kepala dari benturan keras saat terjadi kecelakaan dan pengendara jatuh dari sepeda motor.

Karena fungsinya yang sangat vital, maka helm juga membutuhkan perawatan terutama untuk bagian luar atau eksterior helm agar tidak mudah kusam. Nah, berikut ini beberapa cara merawat helm agar warna cat helm tidak mudah kusam seperti dilansir dari laman Federal Oil, beberapa waktu lalu.

1. Jangan sembarangan menaruh helm

Taruhlah helm di tempat yang aman, jangan menaruh helm di tempat yang rawan jatuh. Sebab, jika helm terjatuh saat disimpan maka kan membuat helm menjadi rusak.

2. Jangan sering terkena panas

Usai berkendara, sebaikya letakkan helm di tempat yang tidak terkena langsung sinar matahari. Selain itu, beri helm pelindung atau tempatkan di tempat penitipan helm, atau bisa juga menggunakan cover helm.

Jikalau terkena hujan, jangan langsung menyimpan helam, tetapi bersihkan dulu dari kotoran dan sisa air yang menempel dengan cara mencucinya. Atau bisa juga melakukan pengelapan dengan menggunakan kain microfiber, baru sesudah itu bisa menyimpannya.

3. Bersihkan helm sebelum disimpan

Usai digunakan, biasakan untuk membersihkan helm terlebih dahulu sebelum menyimpannya. Membersihkan helm bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan helm. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.