Cuci Helm di Rumah? Ini Caranya

Ilustrasi penggunaan helm saat berkendara (dok. Suzuki)

OTO Mounture — Helm yang sering digunakan saat berkendara sepeda motor kadangkala mengalami kotor. Hal itu pula yang mengharuskan pemilik helm untuk melakukan pembersihan dengan cara mencucinya.

Namun, mencuci helm adalah hal yang sering disepelekan dan diabaikan, padahal ini sangat penting. Bahkan, cara cuci helm pun tampaknya belum banyak dipahami.

Melansir laman Suzuki Indonesia, berikut ini cara cuci helm yang bisa Anda terapkan di rumah untuk menjaga kebersihan helm kesayangan Anda.

1. Bersihkan bagian kaca helm

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan bagian kaca helm. Untuk mempermudah proses membersihkan kaca, terlebih dahulu Anda harus melepas kaca helm (visor). Membersihkan kaca helm yang tidak dilepas bisa membuat kaca helm tidak bersih maksimal.

Apabila helm Anda memiliki busa maka Anda bisa melepas busa ini setelah Anda melepas kaca helm. Namun jangan melepas busa apabila helm Anda tidak dilengkapi dengan sistem ‘removable padding’. Melepas busa yang tidak memiliki sistem tersebut malah akan membuat helm rusak.

2. Rendam busa, lalu cuci dilanjutkan dengan menjemur

Usai proses pembersihan kaca dan busa telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah mencuci busa helm. Cuci busa menggunakan air sabun, agar kotoran pada busa bisa dibersihkan lebih mudah Anda perlu merendam busa menggunakan air sabun selama kurang lebih 30 menit.

Saat proses perendaman sudah selesai, Anda bisa langsung menyikat busa helm menggunakan sikat yang lembut. Bulu sikat yang lembut penting digunakan agar busa tidak rusak sehingga awet digunakan. Pastikan untuk membilas busa setelah selesai menyikat busa.

Selanjutnya, Anda bisa kembali merendam busa menggunakan pewangi pakaian. Rendam selama 10 menit. Perendaman dilakukan agar ketika helm sudah dipakai kembali tidak cepat mengeluarkan bau apek. Opsi ini bisa dilewati apabila Anda tidak menyukai bau wewangian dari pewangi pakaian.

Apabila perendaman dengan pewangi sudah selesai, peras busa dengan perlahan agar tidak rusak lalu segera jemur di bawah sinar matahari. Pastikan menjemur busa di sinar matahari yang terik agar busa bisa kering menyeluruh.

3. Bersihkan kaca kemudian cuci bagian luar helm

Ambil lap bersih lalu Anda bisa menyeka bagian luar helm menggunakan lap tersebut. Gunakan kain lap yang lembut agar kaca tidak mengalami goresan. Meski sepele, goresan dapat membuat tampilan kaca Anda menjadi kurang indah.

Apabila kaca telah bersih maksimal, gunakan wax untuk membersihkan kaca helm. Wax bermanfaat untuk membuat kaca kembali bening. Selanjutnya Anda bisa berpindah untuk membersihkan bagian luar helm.

Tak seperti saat membersihkan bagian kaca dan busa, bagian luar helm lebih mudah saat dibersihkan. Anda hanya cukup mencuci bagian luar helm dengan air bersih. Air bersih saja sudah cukup untuk mencuci bagian luar helm agar cat dan stiker pada helm tidak mengelupas.

Jika sudah kering, oleskan wax pada bagian luar helm agar kembali mengkilap. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan merk wax yang disukai.

4. Lakukan pemasangan ulang

Usai proses pencucian di atas selesai dan semua ornamen dipastikan telah kering, selanjutnya Anda dapat melakukan pemasangan setiap bagian helm. Pasang dengan hati-hati agar tidak ada bagian yang lecet apalagi rusak. Pastikan pula setiap bagian telah terpasang dengan baik, dan jangan sampai ada bagian yang terlewat tidak Anda pasang. Jadi, pastikan Anda memasang seluruh ornamen ya.

5. Semprotkan helm menggunakan pewangi

Setelah seluruh proses di atas selesai, langkah terakhir untuk melakukan pencucian helm adalah memberikan pewangi. Pilih pewangi yang mengandung anti kuman (desinfektan) supaya selain bisa meminimalisir bau juga bisa membunuh kuman yang menempel pada helm.

Pilih wewangian yang segar dan cepat meresap. Jangan menggunakan wewangian dengan tekstur yang sulit meresap karena akan membuat busa helm semakin lembab. Jika perlu, Anda bisa kembali mengeringkan helm sebentar setelah disemprot dengan wewangian. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *