Cara Mudah Rawat Sepeda Motor agar Tetap Prima

(Foto: dok. Suzuki Indonesia)

OTO Mounture — Melakukan perawatan sepeda motor secara berkala merupakan kegiatan wajib yang tak boleh dilewatkan. Terutama jika Anda menggunakan sepeda motor dalam intensitas yang tinggi setiap harinya.

Dengan rutin melakukan servis sepeda motor dan selalu memeriksa kelayakan setiap komponen sepeda motor sebelum berkendara, tentunya kuda besi kesayangan Anda akan tetap awet.

Melansir laman Suzuki Indonesia, berikut cara mudah merawat kondisi motor agar tetap dalam kondisi prima.

1. Pilih bahan bakar yang tepat

Setiap bahan bakar memiliki tingkat oktan yang berbeda-beda. Semakin tinggi oktan yang dimilikinya, biasanya menghasilkan performa yang semakin maksimal juga. Agar motor tetap handal dan memiliki tenaga yang tangguh untuk berakselerasi, gunakan oktan yang sesuai dengan spesifikasi mesin Anda.

Hindari mengisi bahan bakar dengan yang beroktan rendah karena bisa memicu kerusakan pada komponen mesin sepeda motor Anda.

BACA JUGA: Jaga Kondisi Kendaraan dengan Perawatan Berkala di Bengkel Resmi

2. Rutin ganti oli

Melakukan penggantian oli secara rutin merupakan hal yang penting. Jarak interval penggantian oli mesin sepeda motor idealnya adalah setiap dua bulan sekali atau pada jarak tempuh setidaknya 1.000 kilometer.

Oli mesin memiliki peranan penting pada sepeda motor agar tetap optimal dalam mendinginkan mesin yang panas. Tak hanya itu, oli mesin juga mencegah kerusakan akibat gesekan antar komponen di ruang pacu mesin.

Selain harus mengganti oli sesuai jadwal, jangan lupa juga mengecek kondisi kualitas oli. Pastikan masih cukup jernih untuk digunakan, namun jika oli sudah menghitam dan kental ini pertanda Anda harus menggantinya meskipun pada saat itu belum berada pada jadwal ganti oli. Sebab kualitas oli yang buruk bisa membuat mobil jadi sulit dinyalakan, mesin cepat panas dan mudah rusak.

3. Cek kondisi busi

Busi memiliki fungsi untuk memantik api di sistem pembakaran. Jika terjadi kerusakan, maka mesin motor tidak akan bisa dihidupkan. Karenanya penting bagi Anda untuk memeriksa kondisi busi secara berkala.

Pastikan tidak ada bagian yang kotor dan putus. Jika mendapati kerusakan pada busi, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Menggunakan busi yang rusak biasanya membuat mesin kurang terasa tenaganya bahkan bisa mati total.

4. Periksa aki motor

Aki merupakan sumber penyuplai listrik ke seluruh komponen elektrik sepeda motor. Jika daya listrik pada aki berkurang, biasanya motor akan sulit digunakan. Karenanya selalu luangkan waktu mengecek aki sepeda motor dan masa pakainya. Jika mendapati aki mulai soak, segera ganti dengan aki yang baru.

5. Rutin servis sepeda motor

Pastikan untuk rutin melakukan servis sepeda motor di bengkel resmi yang memiliki teknisi profesional berpengalaman. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *