Penyebab dan Cara Atasi Kaca Mobil Macet

dok. Suzuki Indonesia

OTO Mounture — Kaca mobil macet terkadang membuat kenyamanan saat bepergian dengan mobil menjadi terganggu. Sebab, kaca mobil merupakan komponen yang paling sering digunakan.

Dikutip dari laman Chery, berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi kaca mobil macet.

1. Kerusakan pada Power Window

Power window memiliki tugas untuk membuat kaca mobil dapat naik dan turun secara otomatis. Power window terletak pada masing-masing pintu mobil yang berjendela, Anda tinggal pencet tombolnya saja, maka kaca jadi auto bergerak naik dan turun.

Namun, bisa saja terjadi kerusakan pada tombol yang satu ini. Kerusakan bisa diakibatkan karena adanya korsleting atau gerigi regulatornya sudah usang. Sehingga, meski sudah memencetnya kaca mobil tidak bergerak.

Power window ini menggunakan aliran tenaga listrik dari mobil. Cara mengatasi kerusakan pada peranti ini adalah dengan melakukan pengecekan pada kabel-kabel penghubung. Adakah sambungan yang putus atau alami eror.

Selain itu, Anda juga bisa mengatasinya dengan mengecek komponen gerigi regulator. Apabila sudah aus, maka perlu membeli komponen baru dan bergegas melakukan pergantian. Jangan lupa juga untuk mengecek apakah regulator sudah terpasang dengan tepat.

BACA JUGA:

Simak! Ini Kiat Aman Berkendara di Jalan Tol

2. Tombol saklar yang rusak

Selain kerusakan pada sistem power window, kaca mobil macet bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada saklar. Saklar ini berupa tombol naik atau turun yang ditanamkan pada pintu mobil.

Jika terlalu sering memakainya, tombol tersebut bisa saja mengalami kerusakan. Apalagi jika usia kendaraan sudah tidak muda. Ciri kerusakan ditandai dengan tombol yang tidak lagi bisa dipencet atau lecet. Cara mengatasinya tentu saja dengan melakukan penggantian komponen.

Harga saklar power window di pasaran dipatok mulai Rp200 ribuan. Untuk itu, sebaiknya tidak terlalu sering bermain-main dengan kaca mobil dan memainkan tombolnya sesuka hati. Gunakanlah sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA:

Beberapa Aksesoris Mobil yang Sedang Tren di Indonesia

3. Kaca mobil tidak terawat

Selanjutnya, kemacetan pada kaca mobil bisa juga disebabkan oleh kaca yang tidak diberi perawatan. Kaca dan bagian karet relnya juga perlu diberikan pembersihan secara rutin. Karena di situlah tempat debu biasanya bersarang.

Jika terlalu banyak kotoran pada karet rel kaca, maka bisa memicu terjadinya kemacetan. Cara mengatasinya dengan praktis adalah saat melakukan pencucian mobil, mintalah agar bagian tersebut turut dibersihkan. Jika hendak melakukan pembersihan secara mandiri, Anda bisa memakai kuas kecil. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *