Langkah Persiapan Mobil untuk Libur Akhir Tahun

Ilustrasi – Foto: MMKSI

OTO Mounture — Momen malam pergantian tahun seringkali dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk melakukan liburan keluar kota. Adapun aktivitas bepergian keluar kota itu kerap dilakukan dengan menggunakan mobil.

Untuk kelancaran selama perjalanan keluar kota, Anda perlu mempersiapkan mobil agar tetap prima. Berikut ini beberapa cara untuk mempersiapkan mobil untuk liburan akhir tahun.

1. Periksa kondisi ban

Saat liburan nanti, mobil pasti diisi penuh oleh penumpang dan barang bawaan. Di tambah, saat ini sedang musim hujan, maka wajib periksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Perhatikan pula kondisi telapak dan dinding ban. Jangan lupakan untuk memeriksa kondisi ban serep.

2. Cek oli mesin

Fungsi utama oli mesin adalah sebagai pelumas yang melindungi mesin dari gesekan antar komponen. Dengan begitu, mesin dapat bekerja secara optimal dan punya daya tahan yang memadai terhadap kerusakan.

BACA JUGA:

Kiat Aman dan Nyaman selama Bepergian Liburan ala Daihatsu

Daihatsu Kedapatan Curangi Hasil Uji Tabrak

Pelumas juga membantu melepaskan panas mesin serta membuang kotoran yang terbentuk akibat gesekan antar komponen mesin. Pastikan volume oli mesin sesuai takaran dan segera tambah jika kurang.

3. Perhatikan cairan mobil lain

Cek kembali kondisi air radiator. Buka tutup atas radiator dan perhatikan batas ketinggiannya, termasuk tabung penyimpan cadangan air radiator. Isi penuh air pembersih kaca yang pegang peran dalam membersihkan kaca depan saat berkendara jarak jauh.

Perhatikan ketinggian tabung penyimpan minyak rem dan segera tambah jika kurang. Untuk mobil transmisi manual, periksa volume tabung fluida kopling.

(om/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *