Ini Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Ilustrasi AC mobil (OTO Mounture)

OTO Mounture — Pendingin udara (AC) dalam mobil mempunyai peran yang sangat penting untuk kenyamanan pengendara ataupun penumpangnya, apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah tropis di mana udara lembab dan panas sering dijumpai. Namun apa jadinya jika AC tiba-tiba terasa kurang dingin atau tidak dingin, pastinya akan membuat kenyamanan di dalam kabin terasa mengganggu.

Owner Auto Rotary Bintaro, Ferry Jensen, mengatakan bahwa pada umumnya, dingin ideal AC mobil itu diantara 5-8 derajat Celcius jika di ukur dengan termometer di kisi-kisi AC. “Jika AC mobil terasa kurang dingin atau tidak dingin maka ada sesuatu masalah,” ujarnya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia pun mengungkapkan beberapa faktor yang harus diperhatikan jika AC mulai terasa kurang dingin ataupun tidak dingin, antara lain:

1. Freon kurang atau habis,

Freon kurang terjadi karena kebocoran di salah satu sistem AC, karena freon itu bekerja hanya bersirkulasi, jika tidak ada kebocoran maka freon itu tidak akan pernah bisa kurang ataupun habis.

2. Kondensor dan radiator kotor,

Permukaan kondensor atau radiator yang kotor akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor terjadi tidak sempurna sehingga proses kondensasi juga tidak maksimal.

3. Motor fan lemah, mati atau meleleh,

Jika motor cooling fan terganggu, putaran lemah atau mati mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak berjalan dengan baik.

4. Magnetic clutch mati atau terbakar,

Spul magnetic clutch jika mati,putus atau terbakar menyebabkan armature asembly tidak terhubung dengan puli kompressor AC yang berputar dengan mesin.

5. Tekanan freon over heat,

Tekanan pada sistem AC berlebihan akan menyebabkan kondensor jadi over heat sehingga membuat kompresor jadi kepanasan secara otomatis kinerja AC akan menurun.

6. Kompressor aus atau jebol,

Kompressor AC aus biasanya ditandai dengan tekanan tidak normal, jika kompressor AC aus maka sigh glass terlihat hitam, dryer atau expansi valve akan tersumbat yang masing-masing dengan indikasi tekanan yang berbeda.

7. Thermistor atau termostart bermasalah,

Thermistor cooler merupakan peraba suhu di dalam rumah evaporator yang berfungsi untuk membaca perubahan temperatur kemudian diteruskan ke amplifier untuk mengatur waktu cut off dari kompressor.

8. Evaporator kotor,

Kotor di evaporator lebih banyak disebabkan oleh debu yang di hisap oleh blower dan menempel pada permukaan evaporator yang mengakibatkan aliran udara tersumbat.

9. Saluran air box evap tersumbat,

Dengan tersumbatnya saluran buang air kondensasi, box evap akan penuh dengan air,berembun dan air akan menetes di bawah dashboard membasahi karpet mobil. (OM/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.