Ini Cara Hindari Blindspot saat Berkendara Motor

Ilustrasi (dok. Wahana Honda)

OTO Mounture — Keamanan saat berkendara di jalan raya dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah blindspot (titik buta). Blindspot kendaraan adalah sebuah tempat yang di luar jangkauan penglihatan si pengendara. Semua kendaraan memiliki blindspot, namun setiap tipe kendaraan memiliki titik buta yang berbeda-beda sesuai dengan jenis kendaraan.

Dilansir dari laman Wahana Honda, dijelaskan bahwa sebagai pengendara sepeda motor kita harus mengetahui di mana letak blindspot atau titik buta yang ada pada kendaraan lainnya. Sebenarnya tidak ada cara yang pasti untuk mengetahui blindspot atau titik buta, karena setiap kendaraan mempunyai titik buta yang berbeda-beda.

Untuk itu, kita bisa melakukan beberapa hal berikut ini agar terhindar dari titik buta pada kendaraan roda dua, antara lain:

1. Jangan sembarangan dalam mengganti spion,

Spion standar pabrik sudah dirancang khusus untuk mengurangi titik buta pada titik paling minimal. Sehingga cara pertama menghindari titik buta tentunya adalah dengan cara menggunakan spion standar pabrik.

2. Jaga jarak aman,

Jangan terlalu dekat dengan kendaraan yang ada di depan kalian, kalau tidak mau hal buruk terjadi. Kendaraan di depan juga tidak akan mengetahui keberadaan kalian jika kalian terlalu dekat dengan kendaraan mereka.

3. Stel spion sesuai kebutuhan,

Menyetel spion dengan posisi yang pas juga bisa mengurangi titik buta sampai ke level paling minimal.

4. Lampu tanda seperti sein wajib digunakan,

Jika ingin pindah jalur, berbelok, dan juga berhenti bisa gunakan lampu tanda atau lampu sein Anda untuk memberikan peringatan pada kendaraan lain di depan dan di belakang. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.