Cara Merawat Sepeda Motor yang Lama Tak Terpakai

Ilustrasi (dok. Astra Honda Motor)

OTO Mounture — Terkadang memiliki kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor seringkali tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama karena berbagai alasan. Jika hal ini yang terjadi, maka kita sebagai pemilik harus lebih memperhatikan kondisinya agar performa terbaik sepeda motor tetap terjaga.

Nah, untuk tetap menjaga kondisi sepeda motor agar tetap terjaga mesti tidak digunakan lama, berikut ini beberapa tips yang dilansir dari laman Astra Honda Motor (AHM).

1. Jika memang sudah ada rencana tidak akan digunakan dalam jangka waktu cukup lama, alangkah baiknya sepeda motor dicuci terlebih dahulu. Sebab, jika motor dalam kondisi kotor akan mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen.

2. Beri pelumas bagian-bagian yang cenderung atau berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.

3. Untuk sepeda motor tipe matik, sebaiknya di parkir menggunakan standar tengah supaya mudah untuk melakukan pemanasan mesin.

4. Lakukan pemanasan mesin secukupnya, kira-kira sampai suhu kerja mesin antara 80-100 derajat celcius, dilakukan setiap hari akan lebih baik. Untuk mencapai suhu tersebut, panaskan kira-kira 3-4 menit. Adapun hal itu bertujuan supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup.

5. Khusus tipe motor matik, perhatikan bagian bagian dalam cover plastik motor, terutama bagian bawah. Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang atau rongga ini bisa menjadi tempat singgah binatang (tikus/ular). Lakukan pengecekan ini saat memanasi mesin. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.