Cara Hilangkan Getaran pada Rem Mobil

(Foto: dok. Accelera)

OTO Mounture — Sebagai salah satu komponen yang mempunyai peran penting pada kendaraan, rem menjadi piranti yang harus diperhatikan. Adapun masalah pada rem di mobil yang sering ditemui ialah getaran.

Rem mobil terkadang mengalami getaran, terutama saat diinjak. Ketika rem bergetar, maka kestabilan mobil bisa berkurang dan pedal rem akan terasa sangat bergetar dan membuat tidak nyaman.

Dikutip dari laman Accelera, disebutkan bahwa penyebab getaran pada rem beragam, namun umumnya piringan rem pada mobil cenderung aus secara tidak merata. Sebab, ketika melakukan pengereman, piringan tersebut tidak selalu menjepit 360 derajat secara merata.

Adapun cara menghilangkan getaran pada rem tersebut terbilang tidak rumit, hanya sedikit merepotkan. Pertama, lepas piringan rem untuk dibubut agar ausnya merata. Piringan rem akan semakin tipis, namun akan kembali rata sehingga tidak bergetar lagi.

Kendati demikian, cara tersebut memiliki batasannya, karena jika terlalu tipis maka rem akan semakin longgar dan kurang pakem.

Baca juga: Kiat Cegah Rem Tidak Berfungsi saat Berkendara

Cara kedua ialah dengan mengganti piringan rem tersebut, di mana piringan rem baru tentunya akan mengembalikan kondisi rem menjadi lebih prima. Atau jika menginginkan lebih baik bisa menggantinya dengan piringan rem berperforma tinggi, seperti drilled rotors. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *