Jajaran Produk Hino di GIICOMVEC 2024

OTO Mounture — PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) turut meramaikan perhelatan Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) yang berlangsung pada 7 – 10 Maret 2024 di Jakarta Convention Center.

Pada ajang itu, Hino membawa sejumlah produk andalannya seperti Hino 300 – 136 HD, Hino 500 – FM 280 JD Mining, Hino 700 – ZY 5041, Hino Bus – RM 280 ABS dan Hino 300 – 136 HDX 4×4.

Santiko Wardoyo, COO-Director HMSI mengatakan unit-unit yang pihaknya tampilkan di GIICOMVEC 2024 adalah perwakilan dari seluruh segmen yang pihaknya miliki dalam melayani bisnis pelanggan di Indonesia.

“Mulai dari light duty truck ada Hino 300, Medium duty ada Hino 500, Heavy duty kami punya Hino 700 series dan Hino Bus kami membawa model flagship Bus RM 280 ABS,” ujarnya di Jakarta, Jumat, 8 Maret 2024.

BACA JUGA: Mitsubishi Fuso akan Luncurkan Truk Listrik eCanter di GIIAS 2024

Hino 300 Series merupakan produk Hino di segmen light duty truck (LDT). Memiliki berbagai model kendaraan yang bertujuan untuk mendukung bisnis usaha customer mulai dari bisnis tambang, konstruksi, perkebunan dan transportasi angkutan barang.

Salah satunya yang Hino tampilkan di GIICOMVEC adalah Hino 300 – 136 HD memiliki performa mesin, transmisi dan differential yang kuat dan tangguh, baik di jalan datar maupun tanjakan.

Model ini menggunakan mesin common rail dengan kapasitas 4,009 cc standar Euro4. Selain itu Injector G4S lebih tahan lama dengan maksimum Diamond Like Carbon (DLC) aman untuk pemakaian bahan bakar biofuel.

136 HD memiliki GVW 8.6 Ton adalah pilihan tepat bagi pengusaha yang mencari truk ringan yang tangguh, andal, dan hemat bahan bakar untuk mendukung bisnis usaha tambang, konstruksi, perkebunan dan transportasi angkutan barang.

Truk 6 roda ini dilengkapi dengan transmisi 5 percepatan terbaru RE50 yang memenuhi kebutuhan konsumen untuk akselerasi. Dengan saran penggunaan bodi dump, Hino 300 – 136 HD sangat tepat untuk armada operasional pengangkutan pasir, tanah, batu alam, batu bara, hingga kelapa sawit baik itu kondisi on road maupun off road.

Untuk kenyamanan pengemudi saat ini Hino 300 series memiliki audio bluetooth untuk memutarkan file musik tanpa kabel serta menerima panggilan telepon dan berbicara tanpa menggunakan ponsel secara langsung.

BACA JUGA: Hino Resmikan Fasilitas Uji KIR di GIICOMVEC 2024 serta Boyong 5 Produk Andalannya

Tipe Hino 300 lainnya yang ditampilkan adalah Hino 300 – 136 HDL 4×4 yang berada di demo area outdoor, hadir untuk memenuhi kebutuhan bisnis usaha di area perkebunan dan pertanian yang mayoritas kondisi jalan berlumpur/licin (off-road). Karena truk ini dilengkapi komponen penggerak 4×4 yang mampu memberikan daya putaran roda depan dan belakang sangat kuat dan tangguh.

Truk yang handal untuk segmen bisnis kelapa sawit ini memiliki differential bagian depan dan belakang yang dapat mendukung kendaraan menjadi penggerak roda 4×4 melalui transfer case gear box yang mampu mengatasi terjadinya slip pada roda depan dan belakang saat kondisi jalan berlumpur, berpasir dan berbatu baik di jalan datar maupun jalan menanjak terlebih lagi truk ini turut dilengkapi dengan lug tyre yang meningkatkan traksi ban di medan berlumpur.

Menggunakan mesin N04C-WY common rail Euro4 yang memiliki tenaga 136 PS 2.500/Rpm, mampu melaju dengan mudah di medan yang menantang. Dengan GVW 8.6 Ton mampu mengangkut hasil panen dalam jumlah besar untuk meningkatkan produktifitas.

BACA JUGA: Klakson dan Lampu Modifikasi Bus Berpotensi Picu Kegagalan Fungsi Kendaraan

Model lain yang Hino tampilkan adalah dari segmen medium duty truck (MDT), Hino 500 – FM 280 JD Mining, sebagai varian dump truck untuk di pertambangan.

Truk ini merupakan jagoan dalam menjaga produktifitas operasional yang berjalan terus menerus selama 24 jam. Menggunakan mesin 6-silinder segaris J08E-WD common rail Euro4 yang mampu menghasilkan tenaga 280PS.

Menggunakan transmisi tipe M009DD 9 percepatan yang sudah terpasang Power Take Off (PTO) pada transmisi sehingga tidak perlu membeli di after market agar lebih hemat biaya operasional.

Truk ini dilengkapi dengan sistem pengereman utama full air brake yang memberikan aspek keselamatan berkendara, terlebih lagi unit ini turut disematkan fitur ES Start yang mempermudah ketika mulai berjalan setelah berhenti di jalan menanjak.

Hino FM 280 JD Mining turut dilengkapi dengan under guard protector yang melindungi area bawah mesin dari benturan keras, block tire yang cocok untuk di jalan off-road pertambangan.

Tak lupa untuk kenyamanan pengemudi, truk ini sudah memiliki pendingin udara (AC) agar sirkulasi dalam kabin lebih bersih saat beroperasi di area pertambangan.

Selain itu terdapat kamera mundur dapat memudahkan pengemudi saat kendaraan bermanuver mundur atau saat parkir. Serta dilengkapi power window memberikan kemudahan pengemudi dan penumpang saat membuka/menutup kaca jendela, dan door lock untuk mengunci/membuka pintu secara bersamaan dari pengemudi.

Sementara Hino 700 – ZY 5041 8×4 merupakan truk heavy duty yang diperuntukan untuk area pertambangan (off-road) Dilengkapi dengan sistem pengereman utama full air brake (ABS) dan Intarder pada transmisi yang memberikan aspek keselamatan berkendara karena dapat membantu memperlambat laju kendaraan pada saat putaran mesin tinggi, baik dijalan mendatar maupun menurun.

Memiliki 16 percepatan maju dengan kombinasi tenaga mesin untuk akselerasi & performa kecepatan yang optimal. Hino 700 – ZY 5041 8×4 menggunakan mesin E13C-BJ Euro4, memiliki 6 silinder dengan kapasitas 12,913 cc, truk ini mampu menghasilkan tenaga 410PS.

Hadir dengan kapasitas GVW 50 ton, truk ini mampu mengangkut beban yang sangat berat terutama untuk beroperasi di medan yang berat dan menanjak di area operasional pertambangan.

Selain itu sebagai armada truk pertambangan, Hino 700 ZY 5041 8×4 juga sudah lengkap dengan spesifikasi untuk pertambangan seperti ES Start yang mempermudah ketika mulai berjalan setelah berhenti di jalan menanjak, hour meter, suspensi kabin, AC, pembersih udara ganda, dan fitur – fitur lainnya yang membuat jalannya operasional bisnis lebih mudah.

Sedangkan Hino Bus RM 280 ABS sudah dilengkapi sistem air suspension dengan tipe wide suspension di belakang dan tipe narrow suspension pada bagian depan yang dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang saat perjalanan jarak jauh.

Selain itu, bus terbaru Hino di era Euro4 ini memiliki sasis space frame, yang tentunya dapat membuat bagasi tembus dari samping sisi kanan dan sisi kiri sehingga daya angkut bagasi lebih banyak untuk meningkatkan bisnis perusahaan otobus.

Hino RM 280 ABS masuk dalam kategori bus besar dengan jumlah kursi dapat mencapai 45+1 sesuai dengan regulasi yang berlaku, sehingga tepat untuk dijadikan bis transportasi antar kota antar propinsi (AKAP), antar kota dalam propinsi (AKDP) dan bus pariwisata.

Dilengkapi dengan sistem pengereman full air brake, dan ABS, serta terdapat auto slack adjuster untuk meningkatkan aspek keselamatan berkendara karena pengereman yang lebih efektif dan lebih responsif membuat pengoperasian lebih aman dan menghemat biaya perawatan.

“Sampai hari ini, Hino terus menjadi pemimpin pasar di segmen truk medium dan bus selama lebih dari 24 tahun. Kami sangat bangga dengan pencapaian yang luar biasa ini,” tutup Santiko.

(om/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *