Kiat Mudah Merawat Skutik

OTO Mounture — Tren penggunaan skuter matik (skutik) semakin hari semakin banyak peminat. Sebab, kendaraan tersebut cenderung lebih mudah digunakan serta perawatannya lebih terjangkau.

Supaya berbagai komponen skutik tetap terjaga dengan baik, maka dibutuhkan perawatan yang baik pula. Nah, berikut ini beberapa kiat merawat skutik yang perlu diperhatikan seperti dikutip dari laman Suzuki Indonesia.

1. Ganti oli secara rutin

Oli merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai pelumas, sehingga kondisinya tentu saja perlu diperhatikan dengan baik. Lakukan penggantian secara berkala dan pastikan Anda memakai oli yang sesuai dengan spesifikasi motor tersebut.

2. Jangan lupa panaskan motor

Memanas mesin secara rutin diperlukan agar oli dapat melumasi mesin secara optimal dan mesin pun dapat bekerja dengan lancar. Cara yang tepat untuk memanaskan skutik yaitu selama 5 hingga 10 menit dengan memakai kick starter. Jika Anda memakai starter elektrik, maka dapat memakan lebih banyak baterai.

BACA JUGA:

Kiat Perawatan untuk Pertahankan Performa Suspensi Ohlins

Tokopedia Sebut Transaksi di Kategori Otomotif Meningkat

3. Berkendara dengan kecepatan stabil

Merawat motor juga dapat dilakukan dengan membiasakan untuk memakai motor dengan tepat. Sebagai contoh, sebaiknya Anda berkendara dengan kecepatan yang stabil, jangan menaikkan atau menurunkan gas secara tiba-tiba. Hal tersebut dapat memperpendek usia pemakaian mesin motor.

4. Jangan sampai kehabisan bahan bakar

Kebiasaan buruk lainnya yang perlu dihindari yaitu memakai skutik hingga kehabisan bahan bakar atau bensin. Hal ini dapat merusak mesin pada motor tersebut, oleh karenanya perlu dihindari.

Ketika akan berkendara, ada baiknya lakukan pengecekan bensin terlebih dahulu. Jika bensin hanya tersisa sedikit, jangan tunda untuk melakukan pengisian. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *