Ini Fungsi dan Perawatan Grill Mobil

OTO Mounture — Grill pada mobil tidak hanya sebagai pelengkap saja, tetapi juga memiliki fungsi yang tak kalah penting. Meski tidak terlalu berukuran besar, grill mobil identik dengan letaknya di depan dan bakal jadi pusat perhatian serta biasanya akan terdapat logo perusahaan dari mobil tersebut.

Dirangkum dari laman Chery Indonesia, berikut ini fungsi dan perawatan untuk grill mobil.

Fungsi grill pada mobil

1. Saluran udara

Grill pada mobil merupakan saluran udara pada ruang mesin. Melalui grill, udara akan masuk dan menjaga temperatur suhu pada ruang mesin agar tidak melewati batas ketika mobil sedang meluncur.

Selain itu, proses pendinginan pada radiator mesin juga akan terbantu oleh keberadaan grill. Jika udara tidak dapat masuk dengan baik, maka temperatur mesin bisa meningkat. Akibatnya, mesin bisa mengalami overheat dan mobil menjadi mogok.

2. Estetika

Seiring berjalannya waktu, kini grill pada mobil juga mulai diperhatikan desainnya. Bahkan tidak jarang bentuk grill ini menjadi identitas tersendiri bagi brand tertentu. Karenanya, ada beberapa pabrikan mobil yang tetap menggunakan model bentuk grill yang sama sebagai ciri khas.

3. Aerodinamis dan Performa

Bukan hanya sebagai ventilasi udara dan penambahan estetika, grill juga dapat membantu meningkatkan aerodinamika. Ketika aerodinamika dalam kondisi baik, maka performa mobil akan lebih optimal.

BACA JUGA:

Kiat Cuci Mobil secara Mandiri yang Aman dan Tepat

Ini Beragam Tipe Rest Area di Tol Cipali

Perawatan Grill Mobil

Umumnya, grill pada mobil akan kotor akibat debu yang menempel dan adanya kotoran dari cuaca hujan. Karenanya, pastikan untuk rutin merawat dan membersihkannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Siapkan peralatan

Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan grill di antaranya yaitu sikat gigi, kuas, shampo mobil, ian katun, dan wax. Semua peralatan tersebut akan dipakai untuk mengelap dan menghilangkan kotoran yang ada.

2. Campur shampo dengan air

Berikutnya, Anda bisa mencampurkan shampo khusus mobil dengan air. Perbandingan shampo dan air yaitu 1:3, sehingga 1 kemasan shampoo bisa dicampurkan dengan 3 liter air. Dengan menggunakan mobil, maka kotoran grill akan lebih mudah terangkat dan bersih.

3. Oleskan pada grill mobil

Langkah berikutnya, oleskan shampo pada grill menggunakan sikat gigi. Usahakan untuk menggunakan sikat gigi yang permukaannya lembut sehingga tidak akan merusak cat mobil. Oleskan hingga merata dan menjangkau area yang tersembunyi.

4. Sikat grill

Selanjutnya, silakan gosok seluruh bagian grill menggunakan sikat tadi. Sikat dengan teliti agar semua kotoran dapat terangkat dengan baik. Perhatikan setiap sela-sela grill dan bersihkan dengan hingga tidak ada kotoran tersisa.

5. Lap pakai kain katun

Langkah yang satu ini perlu dilakukan agar grill semakin bersih. Gunakan kain katun yang permukaannya lembut dan aman digunakan untuk mengelap grill. Kain ini akan membantu membersihkan sisa-sisa kotoran pada grill.

6. Oleskan wax

Agar grill tampak lebih mengkilap dan keren, Anda bisa mengoleskan wax sebagai langkah terakhir dari perawatan. Sebaiknya, pengolesan dilakukan secara perlahan dan pastikan untuk selalu memperhatikan setiap detailnya. (OM/RIL)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *