Manfaat Water Repellent pada Kaca Mobil

Ilustrasi berkendara saat hujan deras (OTO Mounture/Chito)

OTO Mounture — Melakukan perawatan pada mobil tidak melulu soal mesin ataupun tampilan, tetapi juga pada kaca mobil yang memiliki fungsi tidak kalah penting. Adapun metode perawatan kaca mobil bisa dilakukan dengan berbagai cara diantaranya penggunaan water repellent.

Dikutip dari laman Daihatsu Indonesia, disebutkan bahwa water repellent merupakan cairan tahan air yang digunakan untuk melapisi kaca mobil. Cairan ini biasanya digunakan pada musim hujan karena memberikan beragam manfaat.

Adapun manfaat dari water repellent diantaranya:

1. Melindungi kaca mobil dari air hujan

Fungsi utama dari water repellent ialah melindungi kaca mobil dari air hujan. Seperti diketahui air hujan memiliki kadar pH tersendiri yang dapat membuat eksterior mobil berbahan logam mudah berkarat. Selain itu air hujan juga dapat membuat kaca mobil gelap ketika sedang berkendara.

Cairan pelapis tahan air ini dibuat menggunakan material senyawa kimia seperti polimer, silikon, dan lainnya. Senyawa tersebut nantinya akan membentuk sifat hidrofobik ketika digunakan di kaca mobil.

Dengan begitu permukaan kaca mobil tidak akan bersentuhan langsung dengan air hujan. Hal ini membuat air hujan cepat mengalir ketika menyentuh permukaan kaca mobil.

BACA JUGA:

Cegah dan Hilangkan Kerak Sisa Pembakaran di Mesin

Simak! Ini Kiat Merawat Mobil Warna Hitam

2. Melindungi kaca mobil dari segala macam kotoran yang menempel

Tidak hanya air hujan, kotoran seperti cipratan lumpur, debu, hingga serangga juga bisa dihilangkan dengan water repellent. Sebab cairan ini, akan memudahkan cairan pembersih kaca mobil dalam bekerja sehingga kebersihan kaca mobil selalu terjaga.

3. Melindungi kaca dari radiasi sinar UV

Fungsi selanjutnya, water repellent dapat melindungi kaca dari radiasi sinar UV. Seperti diketahui radiasi sinar UV dapat mempercepat usia kerusakan kaca mobil. Jika kaca mobil sering terpapar sinar UV maka kaca mobil akan tampak kusam kekuningan dan mudah baret.

Dengan adanya water repellent ini, kaca mobil Anda akan terlihat lebih jernih dan menjaga struktur kaca mobil agar tidak rusak.

4. Mengurangi pemakaian wiper

Fungsi selanjutnya, water repellent dapat mengurangi pemakaian wiper sehingga wiper tidak mudah aus. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sifat hidrofobik yang dihasilkan oleh water repellent ini membuat air hujan cepat mengalir.

Selain itu, kaca menjadi mudah dibersihkan sehingga pemakaian wiper dapat dikurangi. Dengan begitu motor wiper menjadi lebih awet karena tidak terus-terusan dipaksa untuk membersihkan kotoran ataupun air hujan.

5. Meningkatkan kenyamanan dan keamanan ketika berkendara

Fungsi selanjutnya, water repellent dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Mengapa bisa demikian? Sebab sifat hidrofobik dari water repellent dapat menjaga kaca mobil dari kusam kekuningan akibat radiasi sinar UV. Hal tersebut tentu memberikan efek nyaman bagi para pengemudi mobil.

Selain itu, water repellent juga dapat membasmi kabut yang menempel di kaca mobil. Bahkan ketika hujan deras, kaca mobil juga akan tetap jernih dan tidak mengganggu jarak pandang pengemudi. Dengan begitu visibilitas pengemudi tetap prima sehingga tetap fokus ketika berkendara.

Cara Penggunaan Water Repellent yang Benar

Jika Anda tertarik untuk menggunakan water repellent pada kaca mobil. Anda perlu memperhatikan cara penggunaannya yang benar agar hasil yang didapatkan maksimal.

Berikut ini langkah penggunaan water repellent:

1. Siapkan water repellent terlebih dahulu. Sebelum membelinya Anda bisa mencari rekomendasi produk terbaik di internet.

2. Selanjutnya, Anda bisa membersihkan permukaan kaca mobil terlebih dahulu. Hindari penggunaan cairan pembersih kaca mobil yang mengandung amonia karena dapat menimbulkan reaksi kimia. Reaksi tersebut nantinya dapat merusak struktur kaca mobil dan penggunaan water repellent kurang optimal.

3. Setelah dibersihkan, tunggu beberapa saat hingga kaca kering.

4. Kemudian, Anda bisa mengaplikasikan water repellent di atas kaca mobil. Pastikan Anda mengoleskan cairan ini secara merata.

5. Tahap akhir, biarkan sampai kering. Jika sudah, ambil kain mikrofiber lalu gosok bagian kaca mobil hingga rata dan berkilau. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *