Cara Tentukan Kegelapan Kaca Film Mobil

Ilustrasi pemasangan kaca film di mobil – Foto: Suzuki Indonesia

OTO Mounture — Memasang kaca film pada mobil merupakan salah satu cara untuk memberikan kenyamanan saat berkendara, sebab kaca film dapat melindungi pengemudi dan penumpang dari terik sinar matahari yang bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan selama dalam perjalanan.

Sebagian orang beranggapan bahwa jika semakin gelap kaca film mobil yang dipakai, maka akan semakin baik juga kaca film tersebut bisa menangkal sinar matahari yang masuk. Padahal sebenarnya hal tersebut sama sekali tidak benar.

Dikutip dari laman Suzuki Indonesia, disebutkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat kegelapan kaca film mobil dengan kemampuan menangkal sinar matahari yang masuk. Dengan begitu, tentu saja dalam mencari kaca film mobil, Anda tidak hanya mencari berdasarkan tingkat kegelapan.

BACA JUGA:

IMOS 2023: Suzuki Kenalkan Burgman Street 125EX, Harganya Rp24 Jutaan

Perhatikan Beberapa Komponen Mobil saat Kondisi Cuaca Panas

Ddalam menentukan tingkat kegelapan kaca film mobil, sebaiknya pemilik kendaraan harus benar-benar memperhitungkannya dengan tepat. Antara kaca depan, samping dan belakang tentu saja memiliki tingkat kegelapan yang berbeda.

Berikut ini beberapa cara menentukan kegelapan pada kaca film mobil yang dianjurkan.

Kaca depan

Untuk urusan keselamatan, bagian kaca depan mobil dianjurkan hanya menggunakan tingkat kegelapan 20 persen saja. Namun jika dirasa 20 persen masih terlalu terang, Anda bisa meningkatkan kegelapan kaca film mobil maksimal hingga 40 persen saja.

Kaca samping (kanan dan kiri)

Usahakan menggunakan kaca film untuk bagian kanan dan kiri mobil dengan tingkat kegelapan setengah dari tingkat kegelapan kaca depan. Jadi misalnya kaca depan Anda memiliki tingkat kegelapan 20 persen, maka Anda pasang kaca film mobil untuk bagian ini cukup dengan tingkat kegelapan 10 persen saja.

Kaca belakang

Yang terakhir adalah pemilihan tingkat kegelapan kaca belakang mobil. Jika pada bagian tengah kabin dilengkapi dengan spion rayben mode, maka Anda cukup menggunakan kaca film pada bagian belakang mobil dengan tingkat kegelapan maksimal 40 persen.

(om/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *