KemenPUPR Targetkan Jalan Tol Yogyakarta-Solo Siap Digunakan untuk Musim Lebaran

Foto: KemenPUPR

OTO Mounture — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menargetkan jalan tol Yogyakarta – Solo ruas  Kartasura-Klaten akan bisa digunakan untuk musim Lebaran tahun ini.

Hal itu diungkapkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat melakukan kunjungan kerja di Jawa Tengah, Minggu, 21 Januari 2024. Menurutnya, jalan tol yang saling terhubung ini akan membentuk segitiga emas pertumbuhan ekonomi di kawasan Jogja, Solo, Semarang (Joglosemar).

“Jalan Tol Yogyakarta-Solo akan terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan Jalan Tol Semarang-Solo, sehingga akan membentuk segitiga emas pertumbuhan ekonomi di Kawasan Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar),” kata Menteri Basuki.

BACA JUGA:

Puluhan Brand Otomotif Siap Ramaikan IIMS 2024

Gaikindo Sebut Penjualan Mobil Hybrid Lebih Tinggi Dibanding Listrik

Dengan panjang total 22,3 kilometer, jalan tol Yogyakarta-Solo ruas Kartasura-Klaten ditargetkan dapat fungsional pada musim Lebaran tahun ini dan ditargetkan tuntas pada Juli 2024.

Sementara 3 kilometer dari 20 kilometer panjang total ruas Klaten-Purwomartani ditargetkan siap digunakan untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun ini dan ditargetkan tuntas pada akhir September 2024.

Kehadiran tol ini akan mengurangi beban jalan nasional Yogyakarta-Solo yang saat ini kerap macet khususnya menuju destinasi pariwisata, sekaligus memangkas waktu tempuh perjalanan, utamanya dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo.

Dengan panjang keseluruhan 96,57 kilometer, jalan tol Solo-Yogyakarta-Bandara Internasional Yogyakarta terdiri dari 3 seksi yakni Seksi 1 Solo-Klaten-Purwomartani (42,3 kilometer), Seksi 2 Purwomartani-Monjali-Sleman (16 kilometer), dan Seksi 3 Gamping-Kulonprogo (38,57 kilometer).

(om/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *