BYD Siram Investasi Rp20 Triliun di Indonesia

OTO Mounture — Pabrikan otomotif asal Tiongkok, Build Your Dreams (BYD) resmi masuk ke pasar mobil listrik di Indonesia. Masuknya BYD ditandai dengan diperkenalkannya tiga mobil listrik yang akan mengaspal di Indonesia, yakni Seal, Atto 3, dan Dolphin.

BYD pun disebut berencana untuk menggelontorkan investasi ke Indonesia senilai 1,3 miliar dolar AS atau setara Rp20,3 triliun. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024.

“Investasi BYD di Indonesia sebesar 1,3 miliar dolar dengan kapasitas produksi 150 ribu unit (per tahun),” kata Airlangga.

Airlangga, menyebutkan bahwa BYD yang akan membawa tiga mobil listriknya sekaligus ini diharapkan bisa meningkatkan lokal konten agar mampu mendorong daya saing industri.

BACA JUGA:

Resmi Hadir di Indonesia, BYD Bawa 3 Mobil Listrik

Penjualan Sepeda Motor Listrik Masih Lambat

General Manager BYD Asia-Pasifik, Liu Xueliang, mengungkapkan bahwa pihaknya sudah memiliki rencana untuk melakukan investasi di Indonesia. Namun, ia belum banyak berkomentar terkait investasi yang dilakukan tersebut.

“Kita BYD kalau ada pabrik di sini (Indonesia), maka akan menyiapkan produk-produk untuk keperluan pasar,” ucap dia.

Adapun BYD sendiri menargetkan hingga akhir tahun 2024 akan menghadirkan 50 jaringan penjualan di Indonesia, di mana saat ini BYD diklaim telah memiliki tujuh jaringan penjualan.

“Hingga akhir tahun 2024, kami akan bangun 50 jaringan penjualan dengan kemampuan penjualan, layanan, dan suku cadang. Saat ini sudah ada tujuh jaringan penjualan pada Januari ini,” ungkap Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao pada acara perkenalan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kamis, 18 Januari 2023.

Diketahui, BYD bukanlah merek baru di Indonesia, sebab beberapa produknya sudah digunakan sebagai transportasi umum, seperti bus listrik yang dirakit PT VKTR Teknologi Mobilitas untuk TransJakarta. Kemudian mobil listrik penumpang yakni BYD e6 dan T3 yang sudah digunakan untuk taksi Bluebird sejak beberapa tahun lalu.

(om/ls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *