Hino Terus Gencarkan Kampanye Keselamatan Berkendara

OTO Mounture — Berbagai cara dan upaya terus digalakkan demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan keselamatan dalam berkendara. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab angka kecelakaan di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia selama periode Januari – September 2022 mencapai 94.617 kasus. Angka itu disebut melonjak dibandingkan periode yang sama tahun 2021 yakni 70 ribu kasus kecelakaan.

Terkait hal itu, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) pun gencar melakukan kampanye keselamatan berkendara. Salah satunya dengan menggelar Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) batch 2.

Gelaran yang dimulai pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di medio Agustus itu diikuti oleh 5.204 unit kendaraan yang terbagi dalam tujuh kategori, yaitu empat kategori Hino Ranger diantaranya 4×2, 6×2, dan tractor head.

BACA JUGA: Dukungan Hino untuk Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Kemudian kategori Hino Dutro yang terbagi dua yakni empat ban dan enam ban, serta kategori Hino Bus yaitu bus besar. Pada ajang itu, pengemudi berkompetisi untuk mendapatkan nilai terbaik dalam mengendarai truk, dan bus Hino yang terhubung dengan fitur Hino Connect Telematics.

Adapun ajang HTSDC yang berhasil menggaet jumlah peserta lebih dari 5 ribu itupun meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Kompetisi Keselamatan Berkendara Melalui Aplikasi Telematics Safety Driving Terbanyak.

Kompetisi ini sendiri disebut menjadi gambaran betapa Hino ingin menjadikan dunia sebagai tempat kehidupan yang lebih baik dengan membantu kelancaran transportasi yang aman.

“Sebagai pemimpin pasar, kami wajib menjadi yang pertama untuk mengkampanyekan keselamatan di jalan, karena unit kami memang yang paling banyak di sana,” kata COO – Director HMSI, Santiko Wardoyo, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Komitmen Hino Kampanyekan Keselamatan di Jalan

Selain itu, Hino juga telah membekali truk terbarunya yakni Hino500 Series dengan fitur seperti rem ABS, Cabin Tilt Safety, bahkan fitur kenyamanan seperti AC dan media disematkan dengan harapan supir selalu fokus ketika mengemudi.

Tak hanya itu, Hino juga memiliki sirkuit pusat pelatihan berkendara bagi pengemudi yang dinamakan Hino Total Support Customer Centre (HTSCC). HTSCC berlokasi di kawasan Kota Bukit Indah (KBI) Purwakarta, Jawa Barat.

HTSCC memiliki beragam fasilitas basic driving course mulai dari blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan Safety brake.

Di dalam gedung terdapat driving simulator dan kelas-kelas bagi pengemudi yang mengikuti pelatihan mengacu kepada standar BNSP. Selain pelatihan secara praktek, diberikan juga pelatihan secara teori seperti update informasi teknologi kendaraan Hino, serta karakteristik kendaraan dan manusia. (OM/LS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *