Penyebab Oli Mesin Berkurang

Ilustrasi (dok. Evalube)

OTO Mounture — Oli mesin pada kendaraan memiliki peran vital, oleh karenanya memeriksa secara rutin kondisi oli merupakan hal wajib bagi pemilik kendaraan. Adapun cara memeriksa oli bisa dilakukan dengan cara menggunakan dipstick.

Dengan penggunaan dipstick ini pemilik kendaraan bisa mengecek volume oli apakah masih cukup atau berada di level bawah atau low. Jika berada di level bawah, maka diharuskan untuk melakukan penambahan oli.

Namun terkadang pemilik kendaraan akan bertanya-tanya apa penyebab oli bisa berkurang atau cepat habis. Melansir laman Evalube, berikut ini beberapa penyebab oli mesin berkurang.

1. Cara berkendara yang tidak baik

Cara berkendara yang tidak baik di jalan raya juga menjadi salah satu penyebab mengapa oli mesin lebih cepat habis. Kebiasaan untuk memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak bisa membuat oli lebih cepat menguap dan akhirnya berkurang volumenya.

2. Ring piston aus

Ring piston ini berada di dalam mesin untuk mencegah udara masuk ke dalam penampungan oli, tetapi saat ring piston aus maka kerapatannya akan berkurang dan bisa membuat udara terlalu banyak masuk ke ruang oli serta menyebabkan kendaran mengeluarkan asap yang cukup banyak.

3. Oli kotor

Oli yang kotor karena jarang dilakukan penggantian juga bisa membuat oli lebih cepat habis. Kotoran ini akan menyumbat dan membuat beberapa komponen di dalamnya menjadi aus dan akhirnya konsumsi oli menjadi lebih banyak.

Untuk itu disarankan pemilik kendaraan perlu mengganti oli secara rutin setiap 2 – 3 ribu kilometer, karena saat kendaraan digunakan, oli yang ada di dalam juga akan mengalami penguapan dan membuat volume oli berkurang.

4. Adanya kebocoran oli

Kebocoran oli juga menjadi penyebab kenapa oli di kendaraan lebih cepat habis. Untuk itu pemilik kendaraan perlu melakukan pemeriksaan secara rutin untuk melihat apakah ada rembesan oli di bawah kendaraan, kalau menemukan titik-titik rembesan oli, segera lakukan perbaikan dengan menambal kebocoran dengan menggunakan sealer.

Untuk menghindari berkurangnya oli di kendaraan, sebaiknya kalian rutin melakukan pemeriksaan dan jangan lupa untuk merawat kendaraan dengan baik. (OM/RIL)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.