Mau Beli Mobil Listrik? Perhatikan Hal Ini

OTO Mounture — Dalam upaya mengurangi dampak perubahan iklim, pemerintah Indonesia telah menargetkan untuk mengurangi emisi karbon sebesar 32 persen pada 2030. Salah satu cara untuk mencapai target tersebut adalah dengan mendorong penggunaan kendaraan berbasis motor listrik (EV).

Peningkatan adopsi EV di Indonesia saat ini semakin gencar. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada 2022-2023, peningkatan penjualan EV mencapai 49 persen.

Adapun pada tahun 2025, pemerintah Indonesia menargetkan 20 persen mobil baru berupa EV dan 100 persen total penjualan kendaraan adalah EV pada 2040.

“Mobil listrik dipercaya bisa menjadi salah satu solusi untuk menurunkan emisi karbon karena tidak memiliki emisi gas buang,” kata Harry Kamora, Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI) melalui keterangan resmi, baru-baru ini.

BACA JUGA:

Resmi Mengaspal, Wuling BinguoEV Dibanderol Mulai Rp358 Juta

Penjualan Chery di Indonesia Turun 32 Persen pada November 2023

Semakin banyaknya pilihan varian mobil listrik saat ini, menjadikan konsumen dapat memilih kendaraan listrik sesuai kebutuhan mobilitasnya. Terkait hal itu, Chery pun membagikan beberapa kiat saat akan membeli mobil listrik di antaranya:

1. Lakukan riset

Bandingkan berbagai jenis mobil listrik yang tersedia di pasaran untuk menemukan mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

2. Pertimbangkan jangkauan jarak tempuh dan kapasitas baterai kebutuhan berkendara

Jarak tempuh harian yang biasa dilalui perlu diperhatikan. Jika sering bepergian jauh, pilih mobil listrik dengan jarak tempuh yang cukup.

3. Konsultasi dengan diler

Berkonsultasilah dengan diler terkait fasilitas charging, biaya pemeliharaan dan operasional, dan layanan jaminan dan purna jual. Diler dapat membantu memberikan informasi dan memahami manfaat memiliki mobil listrik.

4. Kualitas baterai

Pastikan kualitas dari baterai diuji dengan standar Worldwide atau Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Cycle (WLTC). Standar ini berfungsi untuk mengukur dan mengevaluasi efisiensi dan kinerja energi dari EV.

(om/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *