Cek Komponen Ini Sebelum Bepergian Jauh dengan Mobil

Ilustrasi (dok. MMKSI)

OTO Mounture — Melakukan perjalanan jarak jauh dengan kendaraan, khususnya mobil memerlukan persiapan yang cukup matang. Adapun persiapan yang diperlukan untuk kendaraan yaitu melakukan beberapa pemeriksaan hingga pengecekan kelengkapan peralatan dan surat dari kendaraan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa persiapan yang harus dilakukan saat akan bepergian jauh dengan mobil.

1. Periksa kunci dan peralatan kendaraan

Siapkan segala macam kunci dan peralatan kendaraan standar seperti obeng, tang, dongkrak dan alat pompa portabel perlu dipersiapkan sebagai pertolongan pertama jika sewaktu-waktu kendaraan yang dikendarai mengalami gangguan ringan di tengah perjalanan.

2. Periksa cairan pada kendaraan

Sebelum berangkat, pastikan untuk mengecek air radiator, air aki, minyak rem, oli, hingga air pembersih kaca. Pastikan kendaraan kalian memiliki cairan yang cukup sebelum bekerja ekstra.

Baca juga: Kiat Aman Tinggalkan Mobil di Rumah saat Mudik Lebaran

3. Bawa alat pemadam api ringan (APAR)

Meski kendaraan baru telah dibekali dengan APAR, tidak salahnya untuk melakukan pengecekan apakah sudah membawa atau belum APAR tersebut. Jika belum tersedia, pastikan untuk memilih APAR yang mampu memadamkan api dengan efisien, serta ampuh mendinginkan suhu tinggi dalam waktu singkat.

Selain itu, pilih juga yang terbuat dari kandungan bahan ramah lingkungan, bebas racun, serta memiliki desain kemasan ergonomis dan anti karat.

4. Periksa ban cadangan

Bagi pemilik kendaraan yang belum menggunakan ban berjenis Run Flat Tire (RTF), maka perlu untuk melakukan pemeriksaan pada ban cadangan.

Ban cadangan harus senantiasa dalam kondisi prima melalui pengecekan angin secara berkala, rutin melakukan rotasi ban, serta kesiapan atas perkakas dan aksesori penunjang efektivitas saat harus mengganti ban di tengah perjalanan. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *