Gaikindo: GIIAS 2023 akan Diikuti Lebih Banyak Merek Kendaraan

OTO Mounture — Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kembali akan menggelar perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang akan berlangsung di ICE, BSD, Tangerang pada 10 – 20 Agustus 2023 mendatang.

Pada gelaran tahunan ini, GIIAS disebut akan menghadirkan lebih banyak model kendaraan dari merek kendaraan penumpang, komersial, dan juga karoseri, yang menggunakan area pamer yang lebih luas dari penyelenggaraan sebelumnya.

“Tahun ini GIIAS akan hadir secara komprehensif, dalam arti mencakup merek yang lebih banyak dan lebih lengkap, sehingga bisa dipastikan akan lebih banyak model dan teknologi baru yang akan diperkenalkan pada GIIAS, buat industri ini menjadi sinyal yang sangat positif,” kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi pada acara jumpa pers di Jakarta, Rabu, 24 Mei 2023.

Menurutnya, dengan penyelenggaraan GIIAS 2023, angka yang dicapai pada tahun 2022 lalu, termasuk kenaikan angka ekspor sejumlah 60% akan terus naik, mengejar target ekspor mobil utuh (completely built up, CBU) mencapai satu juta unit pada 2025.

Nangoi, mengatakan bahwa GIIAS 2023 akan mengusung tema Future Now sebagai representasi masa depan industri otomotif Indonesia, kesiapan Indonesia memasuki era kendaraan listrik.

BACA JUGA: 

Duh! Penjualan Mobil di Indonesia Anjlok pada April 2023

“Edukasi dan informasi tentang kendaraan listrik masih menjadi fokus industri otomotif Indonesia dan GIIAS tahun ini, dengan demikian Gaikindo terus mendukung percepatan industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang diusung pemerintah,” tutur dia.

Ia pun meyakini edukasi dan informasi konstan dari GIIAS untuk masyarakat, industri KBLBB akan lebih cepat tercapai. “Pemerintah Indonesia sendiri menargetkan industri dalam negeri dapat memproduksi kendaraan listrik sebanyak 600 ribu unit, hingga tahun 2030,” pungkasnya.

Peserta GIIAS 2023

Pameran otomotif berskala internasional ini sedianya akan diikuti lebih dari 30 merek. Mulai dari Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mercedez-Bens, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Subaru, Suzuki, Tank, Toyota, VW, Wuling.

Sementara pada merek kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, dan UD Trucks. Selain itu, 3 merek Karoseri juga hadir pada GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem.

Sedangkan pada segmen roda dua, akan hadir 14 APM antara lain Astra Honda Motor, Aprilia, Benelli, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, Vespa.

Selain itu, lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung juga telah memastikan siap berpartisipasi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023 The Series.

BACA JUGA:

GIIAS The Series 2023 akan Hadir di 4 Kota, Ini Jadwalnya

“Antusiasme peserta sangat luar biasa, GIIAS tahun ini diikuti lebih banyak merek, dengan area lebih besar. Bocoran sedikit, infonya banyak launching mobil baru yang akan dihadirkan pada GIIAS tahun ini,” ungkap Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

Menurutnya, ada merek baru yang sudah bergabung, dan masih ada beberapa merek yang dalam proses kepesertaan. “Melihat perkembangannya, kami optimis pameran tahun ini akan menjadi GIIAS dengan jumlah merek terbanyak,” kata dia.

Pada penyelenggaraan ke-30 ini, kata Rizwan, GIIAS 2023 terus mendorong program terobosan untuk memberikan edukasi dan stimulasi langsung tentang teknologi dan inovasi kendaraan masa depan untuk para pengunjung.

“Tahun ini GIIAS akan menghadirkan program-program edukasi dan simulasi otomotif seru untuk para pengunjung, kami mempersiapkan test drive dan test ride yang akan tampil beda,” jelas Rizwan. (OM/LS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *