Alasan Polytron Hadirkan Sistem Sewa Baterai Sepeda Motor Listrik

OTO Mounture — Tren penggunaan kendaraan listrik, khususnya sepeda motor di Indonesia terus mengalami peningkatan. Beragam pilihan produk sepeda motor listrik mulai banyak tersaji di pasar otomotif Tanah Air.

Menariknya, pemerintah pun memberikan subsidi untuk pembeli sepeda motor listrik demi menggenjot penjualan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Kendati memiliki biaya penggunaan harian yang lebih murah dibandingkan kendaraan konvensional, namun harga dari baterai sepeda motor listrik masih terbilang mahal. Untuk itu, Polytron dengan produknya Fox-R menghadirkan pilihan untuk penyewaan baterai sepeda motor listriknya.

Polytron beralasan sistem sewa baterai ini untuk membantu meringankan beban biaya operasional pemilik kendaraan serta membuat harga sepeda motor listrik menjadi lebih murah.

BACA JUGA: Detail Fitur Motor Listrik Polytron Fox-R

Product Manager Polytron EV, Dennis Handhana, mengatakan bahwa program sewa baterai yang dihadirkan Polytron dikarenakan harga baterai masih sangat mahal, serta biaya yang dikeluarkan konsumen akan lebih tinggi.

“Kalau misalkan membeli motor (Polytron Fox-R) dengan baterai itu harganya Rp38 juta, jika sewa (baterai) itu harganya Rp20,5 juta, dengan subsidi menjadi Rp13,5 juta,” tuturnya saat ditemui di Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

Pertimbangan lainnya, lanjut Dennis, dikarenakan baterai memiliki kelemahan yaitu akan mengalami degradasi di tahun kedua hingga selanjutnya, layaknya baterai ponsel yang bisa mengalami kebocoran atau penurunan kualitas.

“Saat ini baterai masih sangat mahal, jadi jika harus beli baterai di tahun kedua atau ketiga itu biayanya sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan sewa per bulan itu Rp200 ribu maka itu masih wajar (biayanya),” kata dia.

BACA JUGA: Polytron Mulai Fokus Kembangkan Kendaraan Listrik

Diketahui, Polytron dengan produknya Fox-R menawarkan skema sewa baterai (battery subscription), di mana konsumen hanya perlu membayar Rp200 ribu per bulan. Jika baterai mengalami kerusakan, pabrikan asal Kudus, Jawa Tengah ini akan menggantinya dengan unit baterai yang baru.

“Sewa baterai ini sangat membantu pengguna motor listrik Polytron untuk meminimalisir beban biaya penggantian baterai di masa depan,” tutur Bussiness Development Polytron EV, Christoper A. Wirawan.

(om/ls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *