Pangsa Pasar Mobil Suzuki Alami Peningkatan di 2020

OTO Mounture — PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil mencatatkan wholesales (penjualan dari pabrik ke diler) selama tahun 2020 mencapai 66.130 unit. Angka tersebut membuat peningkatan pangsa pasar mobil Suzuki sebesar 2,7 persen sehingga menjadi 12,4 persen.

Sementara untuk retail sales (penjualan dari diler ke konsumen), Suzuki mencatat berhasil menjual sebanyak 72.389 unit, yang mana angka itu membuat peningkatan pangsa pasar sebesar 2,66 persen menjadi 12,5 persen.

4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari semua pihak selama tahun 2020 lalu sehingga pihaknya dapat mempertahankan performa meski industri otomotif mengalami kontraksi.

“Peningkatan pangsa pasar mobil Suzuki tahun lalu juga menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan Suzuki yang tinggi. Kami akan terus menghadirkan produk-produk berkualitas dan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” ujarnya pada acara Suzuki Media Update yang dihelat virtual, Kamis, 4 Maret 2021.

Jenama berlambang huruf ‘S’ itu mencatat kontribusi terbesar penjualannya pada 2020 didominasi produk yang dirakit secara lokal dan mencapai hingga 91 persen dari total penjualan nasional Suzuki. Di mana kontributor terbesar yaitu New Carry Pick Up dengan total wholesales sebanyak 37.109 unit dan retail sales sebanyak 40.697 unit.

Angka penjualan itu berhasil membawa New Carry Pick Up menguasai 59,5 persen pangsa pasar wholesales Low Pick Up dan 61 persen pangsa pasar retail sales Low Pick Up.

Kontribusi penjualan Suzuki tahun lalu juga disumbang dari produk andalan lainnya, yaitu XL7 dan All New Ertiga. XL7 menyumbang 12 persen terhadap penjualan nasional Suzuki dengan 9.827 unit wholesales dan 8.575 unit retail sales. XL7 sendiri menguasai 12,1 persen pangsa pasar wholesales middle sport utility vehicle (MSUV) dan 9,6 persen pangsa pasar retail sales MSUV.

Disusul kemudian oleh All New Ertiga yang berkontribusi 13,3 persen dengan capaian 7.516 unit wholesales dan 9.663 unit retail sales. Di segmen low multi purpose vehicle (LMPV), All New Ertiga menguasai 9 persen pangsa pasar wholesales dan 10,6 persen pangsa pasar retail sales. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *