Mekanik Indonesia Juara Hyundai World Skill Olympics 2023

OTO Mounture — Mekanik asal Indonesia dari diler Hyundai Arista Margonda, Haydar Ali sukses meraih grand champion pada ajang Hyundai World Skill Olympics 2023 yang berlangsung 23-27 Oktober 2023 di Korea Selatan.

Kompetisi ini melibatkan 138 peserta yang meliputi 75 teknisi dan 63 supervisor dari 56 negara. Kemenangan Haydar tidak hanya mengharumkan nama Hyundai di Indonesia, tetapi juga membuktikan keandalan Arista Group dalam membina personelnya yang ditempatkan di lebih dari 100 diler di 69 kota di Indonesia.

Arista Group yang saat ini mengelola diler untuk sembilan brand otomotif, memiliki berbagai program untuk peningkatan keterampilan sumber daya manusianya, termasuk para mekanik.

Director Hyundai Arista Group, Christoforus Ronny Ng, mengatakan bahwa Arista Group bangga atas kemenangan Haydar Ali sebagai perwakilan Indonesia pada Hyundai World Skill Olympics 2023 di Korea.

“Kemenangan Haydar merupakan bukti bahwa pembinaan yang konsisten adalah kunci dari kesuksesan dan landasan untuk memberikan layanan terbaik,” ujarnya melalui keterangan resmi, belum lama ini.

BACA JUGA: Teknisi Sepeda Motor Honda Indonesia Adu Kemampuan di Kompetisi Tingkat Dunia

Sebelum terpilih sebagai perwakilan Indonesia dalam ajang Hyundai World Skill Olympics, Haydar telah lolos dalam kompetisi pada tingkat nasional dan regional.

Ronny, menambahkan bahwa dengan prestasi-prestasi yang diraihnya, Arista Grup berharap Haydar dapat terus menumbuhkan motivasi untuk membangun jenjang karirnya dan maju bersama Arista Group dan Hyundai.

Haydar Ali merupakan satu dari 1.500 lebih mekanik andal yang bekerja pada Arista Group, tepatnya di Hyundai Arista Margonda sejak Juli 2021. Setelah lolos seleksi Hyundai National Service Skill Contest 2022, Haydar menjalani pelatihan intensif selama lebih dari tiga bulan dengan pendampingan penuh dari Hyundai Motor Indonesia.

Dari hasil pelatihan yang berlangsung selama tiga bulan tersebut, Haydar terbukti mampu menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan selama kompetisi berlangsung.

BACA JUGA: Harga Mitsubishi XForce Lebih Murah di Batam, Ini Alasannya

Selama empat hari, Haydar dan para peserta lainnya berkompetisi dalam tiga kelompok terpisah berdasarkan keahlian mereka, yaitu kendaraan bermesin pembakaran internal, kendaraan listrik dan kendaraan komersial, serta menjalani tes tertulis dan praktek.

Namun berbeda dari WSO sebelumnya, tahun ini Hyundai Motor selaku penyelenggara memperkenalkan tes yang dilakukan dalam virtual reality (VR) agar ke depannya dapat memanfaatkan teknologi VR dalam pendidikan teknisi dan platform evaluasinya.

Selain Haydar, Hyundai World Skill Olympics 2023 juga memberikan penghargaan kepada kontestan berprestasi di setiap kategori dengan tiga peraih medali emas, enam peraih medali perak, dan tujuh peraih medali perunggu.

Lebih dari sekadar kompetisi, para peserta berkesempatan mengunjungi tempat-tempat wisata di Seoul, termasuk Istana Gyeongbokgung. Mereka juga mengenal Hyundai lebih dekat dengan mengunjungi Hyundai Motorstudio Goyang, Pabrik Hyundai Motor Asan, dan Gwangyang Steelworks milik Hyundai Steel Company.

Kinerja yang membuktikan performa Haydar selama kompetisi tidak lepas dari peranan Arista Group dalam mendukung penuh potensi sumber daya manusia melalui Human Capital Development Program yang terdiri dari Arista Academy, Salesforce Gathering, Rewards & Motivation, serta berbagai training dan seminar.

(om/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *