Honda Umumkan Rencana Pembangunan Pabrik Kendaraan Listrik di Kanada

OTO Mounture — Honda Motor Co., Ltd. mengumumkan rencananya untuk membangun pabrik kendaraan listrik komprehensif di Kanada dengan investasi sekitar 15 miliar dollar Kanada pada 30 April 2024.

Investasi ini bertujuan untuk memperkuat sistem pasokan serta menunjang pengembangan kendaraan listriknya untuk mempersiapkan peningkatan permintaan kendaraan listrik di Amerika Utara di masa depan.

Investasi ini melibatkan kemitraan dengan POSCO Future M Co., Ltd. yang memproduksi bahan katoda untuk baterai kendaraan listrik.

Bahan katoda adalah salah satu bahan utama baterai, yang merupakan komponen utama kendaraan listrik (EV). Pengadaan bahan katoda berkualitas tinggi yang stabil akan memperkuat struktur bisnis kedua perusahaan di masa depan.

Selain berkolaborasi dengan POSCO, Honda juga menjalin kemitraan dengan Asahi Kasei Corporation yang menghasilkan komponen penting dalam baterai ion-litium dinamakan separator baterai.

Komponen ini berbentuk membran berpori yang berfungsi untuk mencegah konsleting listrik dengan mengisolasi kontak antara bahan katoda dan anoda sehingga memungkinkan transmisi ion lithium.

Pabrik ini akan mulai memproduksi kendaraan listrik pada tahun 2028 dengan kapasitas produksi sebanyak 240.000 unit per tahun dan pabrik baterai EV akan memiliki kapasitas sebanyak 36 GWh per tahun.

Kemudian untuk mendukung capaian tersebut, Honda akan mempekerjakan sebanyak 4.200 karyawan di dua fasilitas manufaktur yang berada di Ontario.

BACA JUGA:

Wuling Kenalkan ABC Stories di PEVS 2024

Goodyear dan B-Quik Indonesia Jalin Kerja Sama

Ke depannya Honda akan menambah setidaknya 1.000 rekan baru untuk fasilitas manufaktur EV dan baterai EV. Investasi dalam fasilitas baru ini juga akan menciptakan banyak lapangan kerja turunan di semua lokasi, termasuk di sektor konstruksi.

Toshihiro Mibe, President dan CEO Global Honda Motor Co., Ltd, mengatakan bahwa Honda telah mencatat kemajuan signifikan dalam upaya global kami untuk mencapai tujuan netralitas karbon pada 2050.

Di Amerika Utara, kata dia, setelah berhasil menginisiasi langkah-langkah untuk menetapkan kemampuan sistem produksi kendaraan listrik (EV) di Amerika Serikat, pihaknya kini akan menginisiasi pembicaraan formal untuk membentuk sebuah rangkaian nilai yang komprehensif di Kanada.

“Langkah ini didukung penuh oleh pemerintah Kanada. Kami berkomitmen untuk memperkuat infrastruktur pasokan dan kemampuan kami dalam menghadapi peningkatan permintaan kendaraan listrik di kawasan Amerika Utara di masa mendatang,” ujarnya melalui keterangan resmi.

Sementara Jean Marc Leclerc, President dan CEO Honda Canada Inc., mengatakan bahwa Honda of Canada Manufacturing merupakan salah satu fasilitas manufaktur otomotif terkemuka di dunia.

Menurutnya, selama hampir empat puluh tahun, dedikasi, inovasi, dan semangat tak kenal lelah telah menjadi pendorong utama evolusi karyanya.

“Pengumuman ini menandai sebuah investasi bersejarah dari produsen dalam industri otomotif Kanada. Kami dengan bangga menghargai kontribusi rekan-rekan kami yang sangat terampil, yang telah memperoleh reputasi global untuk keunggulan dalam manufaktur, dan hal ini mencerminkan pengakuan Honda terhadap potensi jangka panjang dari ekosistem manufaktur kendaraan listrik di Kanada,” tuturnya.

(om/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *