Gaikindo Kembali Tunda Gelaran GJAW

OTO Mounture — Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kembali melakukan penundaan gelaran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) yang sedianya akan berlangsung pada Januari 2021. Gaikindo pun disebut telah menjadwalkan ulang gelaran itu pada Maret 2021.

Dalam keterangan resmi Gaikindo, Rabu, 2 Desember 2020, dijelaskan bahwa kondisi kesehatan dan keselamatan masyarakat yang belum sepenuhnya kondusif akibat pandemi Covid-19 menjadi titik pertimbangan utama bagi Gaikindo dan pemerintah.

Keputusan ini juga merupakan arahan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) selaku tempat bernaung Gaikindo, agar waktu penyelenggaraan pameran yang diharapkan akan kembali mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia ini dapat dimundurkan.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, mengatakan bahwa respon positif Gaikindo mencerminkan tanggung jawab asosiasi untuk terus berupaya mendorong pulihnya industri otomotif Indonesia.

“Gaikindo menyambut positif semangat Kementerian Perindustrian untuk memberikan awal yang baik pada tahun 2021 untuk industri otomotif, dengan juga menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat. Selaras dengan itu, Gaikindo juga akan terus memberikan upaya masimal untuk mewujudkan penyelenggaraan GJAW pada tahun depan,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan bahwa kepastian penyelenggaraan GJAW ditentukan oleh kondisi pandemi Covid-19 serta kesehatan dan keamanan masyarakat yang sudah dipastikan dapat diatasi, di mana pertimbangan tersebut juga sejalan dengan arahan Kemenperin.

Kendati jadwal tersebut kembali ditunda, Nangoi menyatakan hal tersebut tidak melunturkan semangat industri otomotif Indonesia. Dia menyatakan para anggota Gaikindo tetap berkomitmen penuh menggelar GJAW yang juga didukung penuh oleh Kemenperin.

Sementara Rizwan Alamsjah selaku ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, menilai kondisi kesehatan saat ini sudah menuju perbaikan, dan diharapkan pada Maret 2021 kondisi kesehatan akan sepenuhnya sudah terjamin sehingga tidak ada kendala dalam menyelenggarakan GJAW.

“Menjadi keinginan kami tetap agar GJAW menjadi pameran Gaikindo pertama pada tahun 2021, berjalan aman dan lancar, sehingga dapat memberikan hasil maksimal dalam mendorong penjualan dan pada akhirnya memberikan kontribusi untuk industri otomotif Indonesia,” tutur Rizwan.

Adapun GJAW rencananya akan berlangsung pada 6-14 Maret 2021, di Jakarta Convention Center (JCC). Rizwan menuturkan acara ini akan menerapkan protokol pengamanan Covid-19 yang dipersiapkan secara matang bersama berbagai instansi pemerintah terkait.

“Tiket masuk GJAW hanya dapat dibeli secara online pada aplikasi khusus. Gaikindo juga akan mendorong para peserta mematuhi protokol kesehatan, salah satunya adalah dengan menyediakan materi promosi digital untuk para pengunjung,” jelasnya.

Sebagai informasi, gelaran GJAW semula dijadwalkan pada November 2020, namun terpaksa ditunda karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum stabil, hingga perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta.

Kemudian, Gaikindo menunda GJAW dan memutuskan untuk menggelar pameran tersebut pada 9-17 Januari 2021. Namun, jadwal itu kembali dimundurkan ke Maret 2021 guna mencapai situasi yang lebih aman dan kondusif. (OM/RIL)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.