Toyota Resmi Luncurkan New Hilux

dok. Toyota

OTO Mounture — PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan model penyegaran pada produknya di segmen komersial, yakni New Hilux. Mobil pikap kabin ganda itu, kini tampil memiliki style design yang lebih kokoh, gagah, dan dinamis khas mobil perkotaan.

Presiden Direktur PT TAM, Susumu Matsuda, mengatakan bahwa salah satu usaha untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di masa adaptasi kenormalan baru adalah dengan mengoptimalkan mobilitas yang tidak hanya fokus pada individu, tapi juga dukungan bagi dunia usaha agar roda ekonomi tetap berputar.

“New Hilux, dengan pengalaman panjang sebagai kendaraan komersial dan pemenang di ajang Dakar Rally, merupakan kendaraan komersial dengan wajah modern dan berkelas, dengan kemampuan terbaik untuk mendukung mobilitas bisnis,” katanya di Jakarta, Kamis, 27 Agustus 2020.

Masih mengusung basis dari generasi ke-8 yang sudah masuk sejak 2015 silam, Toyota melakukan sejumlah ubahan minor di beberapa sektor untuk membuatnya lebih sporty dan modern, sesuai dengan kondisi sekarang ini.

Sentuhan penyegaran pada model kabin ganda (double cabin/D-Cab) terlihat di aplikasi grille trapezoidal tebal dan desain bertema 3 dimensi di bagian bumper depan. Untuk Hilux D-Cab tipe V sebagai flagship telah mengadopsi lampu depan LED dilengkapi auto leveling untuk meningkatkan visibilitas.

Pada tipe G dan V telah disematkan foglamp LED disertai rumah lampu berkelir hitam yang ramah energi dan punya daya tahan tinggi. Termasuk penggunaan velg alloy 17 inci abu-abu gelap untuk menampilkan kesan tangguh dan berwibawa. Kemudian di bagian bak terdapat lampu belakang berpola 3 dimensi bermodalkan di tipe V.

Sementara pada sisi interior, penyegaran hadir pada desain head unit, tipe E mengandalkan flat design 2-DIN capacitive screen yang bisa memainkan radio, CD, USB, dan AUX-IN. Tipe G memanfaatkan model serupa dengan tambahan fitur Bluetooth. Sementara tipe V menggunakan monitor 7 inci yang bisa memainkan DVD, radio, USB, AUX-IN, dan Bluetooth.

Pada dasbor, tipe G dan V mengadopsi panel instrumen baru dengan MID 4,2 inci TFT untuk menyajikan informasi kepada pengemudi, serta dilengkapi indikator ECO untuk melihat karakter berkendara dan animasi saat mesin baru dinyalakan.

Untuk menambah fungsionalitas, tersedia koneksi listrik via lighter di tengah dashboard sisi penumpang, serta assist grip di atas pintu pengemudi guna memudahkan akses keluar dan masuk di seluruh tipe D-Cab. Sementara untuk semua tipe S-Cab dan D-Cab dilengkapi dengan overhead console box dan illuminated entry.

New Hilux S-Cab 4×4 dan seluruh D-Cab mendapatkan pengaturan ulang sistem suspensi untuk menciptakan keseimbangan antara kenyamanan dan respons kemudi yang memadai, menjamin kemampuan di medan off-road, dan meredam guncangan yang timbul dengan lebih baik.

Susunan per daun (leaf spring) dirancang kembali sehingga terasa nyaman, bahkan di jalanan rusak sekalipun, dan membuat mobil tidak mudah limbung ketika menikung atau pindah jalur.

Variable Flow Control Power Steering pada D-Cab tipe G dan V bertugas mengendalikan kinerja pompa power steering berdasarkan kondisi berkendara untuk mencapai feeling mengemudi yang sesuai dengan kecepatan mobil.

New Hilux tipe S-Cab Diesel, 4×4, dan seluruh D-Cab mengandalkan mesin diesel 2GD-FTV 2.400 cc yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 400 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke transmisi otomatis 6-percepatan yang disematkan pada D-Cab tipe V.

Sentuhan berikutnya diberikan melalui penggunaan sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat dan berujung pada fuel efficiency yang lebih baik.

D-Cab tipe G dan V telah dilengkapi fitur Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, Trailer Sway Control, dan Emergency Brake Signal sebagai fitur safety untuk memberikan perlindungan terbaik pada penumpang. Sementara fitur immobilizer untuk mencegah pencurian tersedia di semua model New Hilux.

Untuk harga, pabrikan asal Jepang ini membanderol New Hilux mulai dari Rp241,7 juta hingga Rp492,8 juta dengan status on the road (OTR) Jakarta. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *