Pangsa Pasar Suzuki Alami Peningkatan di Juni 2020

OTO Mounture — PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengumumkan berhasil mencatatkan peningkatan pangsa pasar yang cukup baik pada Juni 2020. Peningkatan ini disebut seiring dengan kegiatan masyarakat yang berangsur pulih.

4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra, mengungkapkan bahwa banyak masyarakat yang menunda membeli mobil karena adanya pembatasan aktivitas. Tapi sekarang kegiatan masyarakat dan logistik sudah mulai pulih. Selain itu, kata dia, penggunaan mobil pribadi menjadi alternatif untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19.

“Apalagi mobil-mobil Suzuki memiliki ruang kabin yang lega sehingga tetap bisa menjaga jarak antarpenumpang, dan kompartemen yang banyak untuk menyimpan alat-alat kebersihan dan kesehatan. Hal ini yang mendorong pangsa pasar Suzuki secara ritel naik dari 12,9 persen di bulan Mei menjadi 14,1 persen di bulan Juni,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa, 21 Juli 2020.

Suzuki mencatat kontribusi terbesar terhadap peningkatan pangsa pasar retail sales ini berasal dari model andalannya di segmen komersial, yakni New Carry Pick Up sebesar 56,8 persem. Disusul model anyarnya di segmen sport utility vehicle, XL7 sebesar 13,5 persen.

Kemudian All New Ertiga yang juga mendongkrak peningkatan pangsa pasar dengan kontribusi 12,1 persen. Sementara untuk model-model lain seperti SX4 S-Cross, New Baleno, Jimny dan New Ignis memberikan kontribusi 10,1 persen dari total penjualan Suzuki pada Juni 2020.

Donny mengatakan bahwa di masa transisi ini penggunaan kendaraan komersial, seperti New Carry Pick Up terus meningkat melebihi penggunaan kendaraan penumpang. Hal ini terjadi, lanjut dia, mengingat banyak bermunculan UMKM yang membutuhkan kendaraan operasional, serta kegiatan logistik dan pengiriman yang meningkat. Selain itu, dukungan dari perusahaan leasing juga berpengaruh.

“Kegiatan logistik dan pengiriman tetap dibutuhkan meski dalam kondisi pandemi. Hal ini yang membuat kontribusi New Carry tetap tinggi. Tapi kendaraan penumpang juga mulai kembali naik permintaannya, seperti produk lokal terbaru andalan Suzuki, yaitu XL7,” terang dia. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *