New Carry Laris, Pangsa Pasar Suzuki Meningkat saat Pandemi

OTO Mounture — Meski pasar otomotif sedang lesu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengumumkan berhasil mencatatkan peningkatan pangsa pasar tertinggi di pasar mobil nasional sebesar 2,6 persen, dari 9,82 persen year-on-year (YoY) Januari-Agustus 2019 menjadi 12,42 persen pada Januari-Agustus 2020 untuk penjualan ritel (dari diler ke konsumen).

Suzuki mencatat pertumbuhan pangsa pasarnya didominasi oleh New Carry Pick Up yang berkontribusi 53 persen terhadap penjualan ritel nasional Suzuki atau sejumlah 23.856 unit. Tak hanya menjadi kontributor terbesar, pangsa pasar New Carry Pick Up periode Januari-Agustus 2020 juga naik 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi 61 persen.

Sementara pada Agustus 2020, New Carry Pick Up disebut menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan ritel sebanyak 3.111 unit dan pangsa pasar low pick up sebesar 66 persen.

4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra, mengungkapkan bahwa persaingan di pasar otomotif semakin ketat karena pasar mulai tumbuh kembali setelah sempat melemah. Di tahun ini, kata dia, pasar otomotif Indonesia cukup ketat dan menantang, namun pihaknya berusaha untuk terus memberikan produk dan pelayanan terbaik meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Peningkatan pangsa pasar Suzuki di tahun 2020 yang dipimpin New Carry Pick Up ini membuktikan bahwa Suzuki menawarkan produk yang unggul dan sesuai kebutuhan masyarakat sehingga tetap menjadi pilihan pelanggan dalam kondisi apapun,” ujarnya dalam keterangan tertulis, beberapa waktu lalu.

Selain New Carry Pick Up, dua model produksi dalam negeri lainnya menjadi penyumbang terbesar terhadap peningkatan pangsa pasar ritel Suzuki dalam kurun Januari-Agustus 2020. Pertama adalah All New Ertiga dengan kontribusi 6.870 unit atau sekitar 15 persen, dan kedua adalah Suzuki XL7 sejumlah 5.095 unit atau 11 persen.

Sementara model-model unggulan Suzuki lainnya seperti Karimun Wagon R, New Ignis, New Baleno, dan Jimny juga berkontribusi positif terhadap total penjualan ritel selama tahun 2020. Namun, Suzuki tidak merinci secara detail mengenai jumlah unit yang terjual untuk masing-masing model tersebut.

Sedangkan khusus untuk Agustus 2020 lalu, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) mencatatkan adanya pertumbuhan penjualan otomotif dengan angka penjualan sebesar 37.655 unit untuk penjualan ritel. Suzuki sendiri disebut berhasil mencatatkan kontribusi yang positif dengan pangsa pasar mencapai 14 persen atau 5.259 unit.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk Suzuki. Peningkatan pangsa pasar ini mendorong kami untuk terus berkontribusi terhadap pasar otomotif dan juga perekonomian nasional dengan menghadirkan produk berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia baik untuk mendukung usaha ataupun kebutuhan keluarga,” tutup Donny. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *