Isuzu Dukung Program Kurangi Penggunaan Plastik

OTO Mounture — PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) turut serta dalam menggalakan penggurangan penggunaan plastik guna mengurangi jumlah limbah yang ditimbulkan. Melalui program bertajuk ‘Semangat Kurangi Plastik’, Isuzu mengimplementasikan kampanye ramah lingkungan tersebut melalui langkah nyata dan sederhana.

Bermula dari ide masih banyaknya sampah plastik yang dapat dikurangi penggunaannya, Isuzu Indonesia memulainya dengan melakukan pendataan pada sampah plastik dan kemasan. Melalui poster dan media kreasi lainnya, perusahaan truk komersial ini mengajak seluruh karyawannya untuk berkontribusi pada lingkungannya masing-masing dan dimulai dari diri sendiri.

Langkah yang diambil IAMI ini dimulai dari plastik kemasan dari bungkus makan siang yang disediakan oleh kantor. Di mana awalnya masing-masing makanan dibungkus menggunakan plastik, baik buah atau pun lauk. Namun dengan semangat mengurangi plastik, makanan boks akhirnya diganti menggunakan mangkuk plastik, yang apabila ditimbang secara kandungan plastiknya akan berkurang.

Dalam keterangan tertulis yang diterima OTO Mounture, Kamis, 2 Juli 2020, pihak IAMI menjelaskan bahwa sampah plastik termasuk kategori sampah yang susah terurai hingga 1.000 tahun, namun kita juga tidak bisa hidup tanpa plastik, sehingga langkah nyata yang bisa kita lakukan adalah mengurangi penggunaan plastik itu sendiri.

“Meskipun langkah tersebut terkesan sederhana dan hanya beberapa gram, namun jumlah yang banyak dikalikan jumlah karyawan IAMI yang lebih dari 800 orang akan memberikan hasil yang berbeda,” tulis IAMI dalam rilisnya.

Selain itu, pada akhir Ramadan, IAMI juga mengubah sistem pembagian parcel yang awalnya dalam bentuk plastik besar, menjadi menggunakan kardus. Ke depan IAMI disebut akan bekerja sama dengan bank sampah untuk proses selanjutnya, yaitu reuse dan recycle. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.