Hankook Siapkan Strategi dan Solusi Baru pada 2023

OTO Mounture — PT Hankook Tire Sales Indonesia (HTSI) mencatat sepanjang tahun 2022 penjualan Hankook pada kategori passanger car radial (PCR), dan truck & bus radial (TBR) menunjukkan pertumbuhan positif.

Kedua segmen itu disebut mengalami peningkatan sebesar 2% dan 10% dibandingkan pada tahun sebelumnya. Namun, Hankook tidak merinci secara pasti jumlah penjualan dari masing-masing segmen tersebut. Adapun pada 2023 ini, Hankook mengungkapkan akan memaksimalkan momentum tahun ini dengan sejumlah strategi.

Presiden Direktur PT HTSI, Yoonsoo Shin, menuturkan bahwa sepanjang 2022, pihaknya berupaya memberikan pelayanan maksimal untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

“Menyambut tahun 2023, kami hadir dengan beberapa strategi baru untuk bergerak maju, bersama-sama lebih kuat dan adaptif untuk menyesuaikan kondisi pasar domestik maupun global,” tuturnya.

Pada kategori PCR, Hankook akan melanjutkan posisi solid pada segmen sport utility vehicle (SUV) melalui sejumlah langkah, yaitu menghadirkan fitur HP (highway performance) dan pola kasar (rugged pattern) guna memaksimalkan performa dan keamanan berkendara. Serta, menyiapkan inovasi produk untuk memberikan fleksibiltas bagi pelanggan.

Sejumlah produk baru tersebut antara lain Ventus Prime4 ban premium yang memiliki handling yang optimal untuk kenyamanan berkendara dan Dynapro HPX ban touring semua musim yang dirancang untuk memberikan penanganan yang halus, kenyamanan ekstra, dan kebisingan rendah.

Dynapro XT ban SUV yang diklaim dapat memberikan kenyamanan berkendara walaupun kondisi jalanan yang tidak rata (off-road) dengan jaminan garansi tapak hingga 50.000 mil.

BACA JUGA: Hankook Tire Gandeng Permaisuri Pasarkan Ban Khusus Kendaraan Listrik

Yoonsoo, menuturkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Hankook menargetkan dapat menjadi pemimpin bagi segmen EV (Electric Vehicle) atau kendaraan elektrik.

“Untuk turut serta dalam industri mobil listrik, tahun ini kami akan membawa seri iON Evo ke Indonesia guna memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik bagi pengendara mobil listrik,” ungkap dia.

Selain itu, kata dia, mulai musim 2022/23 pihaknya menjadi pemasok ekslusif dan mitra teknis dari kejuaraan dunia ABB FIA Formula E. “Hal ini menegaskan keseriusan kami untuk menjadi yang terdepan dalam industri kendaraan listrik,” tuturnya.

Tak hanya itu, Hankook disebut ingin menerapkan prinsip sederhana, lebih cepat, dan lebih kuat di tahun ini melalui sejumlah program pemasaran seperti sell-in shop, program service point, program rabat Hankook master dan signage shop, serta melakukan co-marketing untuk aktivitas per area.

Perusahaan juga berencana meningkatkan ekspansi pasar B2B dan armada nasional dengan menggandeng sejumlah partner untuk berkolaborasi, seperti Bluebird, TRAC Astra, dan ASSA Rent.

BACA JUGA: Perluas Pabrik di Tennessee, Hankook Tire Investasikan 1,6 Miliar Dollar AS

Sementara untuk kategori TBR, memandang kondisi pasar yang dinamis dan kompetitif, perusahaan memilih fokus menawarkan layanan berbasis solusi. Hankook berupaya mendukung para pelanggan kendaraan niaga atau fleet customer untuk mereduksi biaya operasional serta menghadirkan layanan yang menjadi prioritas kebutuhan mereka.

Sejumlah pendekatan yang disiapkan, antara lain menawarkan biaya per kilometer lebih rendah, memaksimalkan kinerja ban dengan layanan yang diberikan, dan visibilitas biaya ban dengan layanan.

Hankook juga akan membantu pelanggan dalam memilih ban yang sesuai untuk mendukung kegiatan operasional bisnis mereka, merekomendasikan tekanan angin ban, monitor pemeliharaan ban, pengecekan tekanan angin ban, analisa ban bekas pakai, meningkatkan pemeliharaan ban, serta beragam pelatihan untuk pemilik maupun pengemudi kendaraan niaga.

Melalui sejumlah strategi baru tersebut, Hankook berkomitmen untuk terus memperkuat presensinya di pasar domestik di Indonesia. Bersamaan dengan pertambahan ukuran dan line-up produk baru, PT Hankook Tire Sales Indonesia menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 19% yang mencakup pasar domestik dan pasar mancanegara pada 2023. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *