Trik Berkendara Motor dengan Memakai Boks

dok. Suzuki Indonesia

OTO Mounture — Penggunaan boks pada sepeda motor terkadang bisa membuat pengendara celaka. Pasalnya, mayoritas pengendara sepeda motor dengan boks kurang berhati-hati saat berkendara di jalan, di mana mereka kurang memperhatikan efek dari penambahan boks di kendaraan mereka.

Dilansir dari laman Suzuki Indonesia, dijelaskan bahwa sepeda motor memang tidak dirancang untuk membawa barang bawaan yang terlalu banyak. Karena itulah tidak sedikit pemilik motor yang sering menaruh barang-barang bawaan di dalam boks atau pannier tambahan di bagian belakang motornya.

Namun perlu diketahui juga kalau mengendarai sepeda motor yang sudah ditambah boks itu butuh teknik berkendara yang khusus dan tidak sama dengan mengendarai sepeda motor yang tidak dipasang boks tambahan.

Lalu, bagaimana teknik berkendara yang benar saat mengendarai motor yang dilengkapi boks? Beberapa teknik perlu dikuasai oleh pengendara motor untuk bisa mengendalikan motor yang sudah dilengkapi dengan boks, baik itu di bagian samping maupun di bagian belakang.

Pengendara diwajibkan untuk mampu mengendarai sepeda motor dengan baik, yang artinya adalah sudah paham sekali dengan karakter motornya. Ini penting agar saat melakukan manuver apapun akan terasa lebih mudah dan juga aman

Saat ingin mendahului atau menyalip di antara kendaraan, pengendara harus sudah bisa memprediksi atau memperkirakan jarak antara boks dengan kendaraan yang akan disalip. Hal ini dianggap penting supaya motor yang dikendarainya bisa mendahului dengan aman.

Satu lagi yang harus diperhatikan adalah hindari membawa beban yang terlalu berat. Karena itulah, sebelum berkendara sebaiknya perhatikan juga batasan beban yang bisa dimuat di boks tersebut. Tiap boks ada ukuran maksimal jumlah beban yang bisa dimuat.

Makin berat beban yang dibawa maka akan makin sulit pengendara melakukan manuver. Saat beban boks terlalu berat dan melewati jalan menanjak, maka postur badan pengendara disarankan untuk sedikit membungkuk ke depan supaya motor tidak terangkat. (OM/RL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.