Tips Berkendara Sepeda Motor di Jalur yang Ekstrim

(dok. Eiger Adventure/@inawila)

OTO Mounture — Melakukan kegiatan di alam bebas pastinya membutuhkan pengetahuan dan juga pengalaman yang luas agar aktivitas itu berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Termasuk dalam hal melakukan kegiatan berkendara di alam bebas atau adventure riding.

Kegiatan adventure riding ini memang tergolong aktivitas yang ekstrim, sebab pengendara harus melintasi berbagai medan yang menantang. Mulai dari bebatuan, tanjakan terjal, hingga lintasan berlumpur yang licin. Nah, berikut ini beberapa tips untuk kalian yang ingin berkendara sepeda motor di medan yang ekstrim seperti dilansir dari laman Eiger Adventure, belum lama ini.

1. Jaga keseimbangan

Untuk mendapat keseimbangan yang baik saat menghadapi medan yang sulit, disarankan untuk memacu sepeda motor dengan kecepatan yang tepat dan memposisikan badan agar sesuai dengan kondisi lintasan yang dihadapi.

2. Selalu mengawasi lingkungan

Usahakan ketika berkendara untuk terus memandang lingkungan sekitar seluas mungkin agar dapat memilih jalur lintas yang lebih baik. Namun, tetap awas dengan kondisi jalan di depan mata.

3. Gunakan gear transmisi sesuai kondisi

Pada saat turunan curam, pilihlan gear transmisi serendah mungkin dan biarkan engine brake untuk memperlambat kendaraan. Sementara, pada saat tanjakan curam, pilihlah gear transmisi yang membawa kamu menanjak dengan kecepatan tetap. Selain itu kurangi gas saat melewati hambatan tetapi jangan sampai berhenti.

4. Percaya diri

Dengan kepercayaan diri, semua masalah yang dihadapi pun akan jadi lebih mudah dan ringan. (OM/MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *