Kiat Rawat Velg Putih agar Tidak Kusam

Ilustrasi – Foto: IST

OTO Mounture — Melakukan perawatan pada velg berkelir putih terbilang susah-susah gampang dan tak semudah dengan yang berwarna gelap.

Kendati demikian, sebagian orang lebih menyukai velg warna putih karena dinilai menambah estetika mobil, dan membuatnya lebih elegan.

Dikutip dari laman Daihatsu Indonesia, berikut ini beberapa kiat untuk perawatan velg putih agar tidak mudah kusam.

1. Hindari memarkir kendaraan di bawah terik matahari langsung

Kebiasaan memarkir kendaraan di bawah terik sinar matahari secara langsung, tidak hanya membuat warna kendaraan Anda pudar. Namun, juga dapat membuat warna velg menjadi kusam.

Oleh karena itu, Anda perlu menghindari kebiasaan tersebut. Pastikan Anda memarkir kendaraan di tempat yang teduh atau di bawah kanopi.

2. Perhatikan lingkungan sekitar area parkir

Selain menghindari parkir mobil di bawah terik sinar matahari. Anda juga perlu memperhatikan lingkungan sekitar area parkir. Pastikan Anda tidak memarkir mobil di tempat yang banyak batu dan kerikil.

Sebab batu dan kerikil tersebut dapat menggores warna cat velg sehingga velg baret. Selain itu, Anda juga perlu memarkir kendaraan ke tempat yang datar dan terjamin kebersihannya agar velg tidak mudah terkena noda.

BACA JUGA: Trik Hilangkan Baret di Mobil Warna Hitam

3. Membersihkan velg secara rutin

Ketika Anda menggunakan velg warna putih sebagai pilihan, berarti Anda harus siap dengan konsekuensi perawatannya. Sebab, velg putih membutuhkan ekstra perhatian dan perawatan yang lebih dibandingkan velg dengan warna gelap lainnya. Agar velg tetap putih dan tidak kusam, maka Anda perlu membersihkan velg tersebut secara rutin.

Pastikan Anda membersihkan velg maksimal seminggu sekali. Ketika membersihkan velg, pastikan Anda tidak mencucinya di bawah sinar matahari langsung. Anda bisa membersihkan velg dengan mencucinya menggunakan sabun khusus perawatan mobil dan air yang bersih.

4. Gunakan sikat lembut

Agar velg mobil tidak kusam dan berkilau, Anda harus membersihkannya dengan detail. Pastikan Anda membersihkan bagian celah-celah velg yang susah dijangkau dengan menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut untuk mengangkat kotoran dan debu yang menempel.

Penggunaan sikat lembut sangat dianjurkan agar tidak menggores permukaan cat pada velg.

BACA JUGA: Kiat agar Mobil dalam Kondisi Prima Perjalanan Jarak Jauh

5. Hindari penggunaan bahan kimia berbahaya

Ketika membersihkan atau mencuci velg, Anda perlu memperhatikan sabun atau cairan pembersih velg yang Anda gunakan. Pastikan sabun tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan memiliki sifat abrasif sehingga tidak merusak warna velg. Gunakan sabun pembersih khusus velg.

6. Gunakan lap lembut ketika mengeringkan velg

Setelah proses pembersihan velg selesai, selanjutnya Anda perlu mengeringkan velg tersebut dengan menggunakan lap lembut seperti lap microfiber. Penggunaan lap microfiber bertujuan untuk menghindari adanya goresan atau baret pada lapisan cat warna putih pada velg.

7. Gunakan cairan poles pelindung khusus velg

Untuk melindungi lapisan cat pada velg dari noda, dan baret, Anda perlu menggunakan cairan poles khusus velg.

8. Lakukan perawatan di salon mobil

Jika velg putih kendaraan Anda terlanjur menguning, maka Anda perlu melakukan perawatan di salon mobil. Biasanya velg yang menguning akan dipoles ulang dengan cairan khusus dan peralatan yang canggih sehingga warnanya tampak seperti baru lagi.

(om/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *