Kiat agar Mobil dalam Kondisi Prima Perjalanan Jarak Jauh

Ilustrasi – Foto: Auto2000

OTO Mounture — Momen liburan panjang menjadi salah satu waktu yang tepat untuk mengajak keluarga bepergian keluar kota menggunakan mobil.

Hanya saja, Anda jangan asal pergi tanpa persiapan karena perjalanan dapat berantakan hanya karena masalah sepele. Berbagai persiapan termasuk mobil dalam kondisi prima dibutuhkan agar perjalanan menjadi aman dan nyaman.

“Tak hanya dari sisi kebugaran tubuh tapi juga kondisi kendaraannya supaya perjalanan aman dan nyaman,” kata Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000 melalui keterangan resmi, baru-baru ini.

BACA JUGA: Nissan Hadirkan Program Purnajual untuk Livina Series

Berikut ini beberapa kiat agar mobil dalam kondisi prima saat perjalanan jarak jauh. Pertama adalah melakukan pemeriksaan beberapa komponen penting mobil, supaya tidak terjadi kendala di jalan. Mulai dari cek cairan radiator yang jangan sampai habis, karena mesin mobil Anda bisa jebol karena overheat. Periksa juga tabung reservoir radiator dan isi hingga batas atas.

Pastikan pula volume oli mesin sesuai takaran dengan mengeceknya via tongkat pengukur ketinggian oli mesin alias dipstick. Perhatikan ketinggian tabung penyimpan cairan rem, kalau berkurang segera tambah. Pastikan pula warnanya tidak keruh dan tidak ada kebocoran di saluran rem.

Lalu penting juga untuk memeriksa air pembersih kaca, yang fungsinya tidak bisa disepelekan. Pastikan cairan wiper selalu ada agar tidak menyulitkan ketika hujan.

Sekarang banyak dipakai aki maintenance free (MF) yang masih mengandalkan air aki namun sistemnya dibuat tertutup sehingga volume air aki tidak berkurang.

BACA JUGA: Sejumlah Brand Otomotif Alami Penurunan Penjualan pada April 2024

Tapi, ada indikator yang harus Anda perhatikan agar aki MF tetap aman. Untuk mobil dengan power steering hidraulis, pastikan cairannya cukup dan tidak ada kebocoran.

Jangan pernah sepelekan tugas AC saat mobil dibawa berlibur. Pastikan komponennya dalam kondisi prima dan freon tidak bocor atau kurang.

Periksa pula tekanan udara ban sesuai rekomendasi Toyota sembari pemeriksaan ringan kondisi fisik ban dan pelek. Jangan lupa periksa ban serep supaya siap bertugas ketika dibutuhkan.

Perhatikan kaki-kaki mobil dari risiko adanya rembesan oli, dan gerakkan untuk melihat adanya potensi masalah. Cek sokbreker dari potensi kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang ada di sekitarnya dari kemungkinan getas dan robek.

Selain itu, Anda juga perlu memperhitungkan beberapa hal agar liburan menjadi lebih nyaman, seperti mencari informasi mengenai biaya operasional mulai dari kebutuhan bahan bakar, mengisi uang elektronik untuk tol, uang dengan nominal kecil untuk parkir, sampai tempat menginap yang sesuai budget, tapi punya fasilitas yang memadai untuk santai sejenak.

(om/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *