Jenis Mobil yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Ilustrasi (dok. MMKSI)

OTO Mounture — Menjelang libur akhir tahun, banyak orang yang telah mempersiapkan liburan keluar kota dengan menggunakan mobil atau road trip. Sebab, road trip saat ini disebut menjadi pilihan yang ideal bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu, berlibur dengan menggunakan mobil pastinya akan membuat hubungan lebih intim terjalin bersama keluarga ataupun teman. Pasalnya, saat road trip, Anda bisa berjam-jam di jalan dalam satu mobil dengan teman atau keluarga, serta bebas untuk jalan ke mana pun sesuka hati.

Tapi wajib diingat, selama road trip, mobil yang digunakan akan menjadi rumah berjalan, sehingga perlu mempertimbangkan kenyamanan serta keamanan bagi Anda dan seluruh penumpang.

Berikut ini jenis mobil yang paling pas untuk road trip saat liburan akhir tahun nanti seperti dilansir dari laman Mitsubishi Motors.

1. MPV (Multi Purpose Vehicle)

Mobil jenis ini memang menjadi mobil paling laris di Indonesia. Satu hal yang pasti karena mobil ini memiliki kapasitas penumpang yang banyak sehingga dapat memuat banyak anggota keluarga. Pilihan mobil MPV tentunya sangat nyaman dan dapat diandalkan untuk road trip.

2. SUV (Sport Utility Vehicle)

Mobil jenis SUV ini juga memiliki daya tampung yang hampir sama dengan model MPV, namun untuk mobil jenis ini lebih dikenal dengan kemampuannya untuk melibas segala medan jalan, dan cocok bagi Anda yang gemar untuk berpetualang ke daerah pelosok.

3. Crossover

Saat ini mobil berjenis SUV kompak atau lazim disebut dengan Crossover juga sedang naik daun. Mobil jenis ini menggabungkan dimensi mobil yang kompak dengan desain tangguh seperti sebuah SUV sejati.

Mobil crossover memiliki keunggulan dari daya jelajah yang menyerupai sebuah SUV. Artinya mobil jenis ini dapat merambah ke medan jalan yang jelek atau berbatu dengan mudah. Kapasitas bagasi dari sebuah mobil crossover juga mirip dengan SUV yang dapat menampung banyak barang.

4. City Car

Sesuai namanya mobil jenis city car ini memang diperuntukkan sebagai alat transportasi di dalam kota. Tapi jika Anda hanya berdua dengan pasangan, tidak ada salahnya untuk menjelajahi liburan dengan road trip menggunakan city car ini.

Tentu saja ada catatan yang wajib diketahui jika Anda memutuskan road trip dengan city car. Pertama tentukan rute dengan sebaik mungkin dengan menghindari jalur-jalur yang jalannya rusak, karena city car ini cenderung memiliki ground clearance yang rendah sehingga tidak terlalu cocok untuk di jalanan tanah atau berbatu.

Kemudian perhatikan juga daya tampung bagasi mobil. Ukuran city car yang kompak tentunya memiliki keterbatasan dalam hal bagasi, bawa barang secukupnya yang sesuai dengan dimensi bagasi city car.

Lalu kapasitas tangki bahan bakar yang tidak terlalu besar menuntut Anda harus cermat dalam memilih rute. Sekiranya jalur yang Anda lewati jarang ada SPBU sebaiknya isi penuh dulu tangki BBM sebelumnya. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.