Ini Komponen Motor yang Rawan Rusak Jika Terpapar Cuaca Panas

Ilustrasi – Foto: Shutterstock

OTO Mounture — Belakangan ini, kondisi cuaca di Indonesia cenderung panas yang cukup ekstrim. Kondisi cuaca panas tersebut pasti bakal menimbulkan efek tidak hanya pada makhluk hidup tetapi juga pada kendaraan.

Adapun efek terlalu sering terkena paparan cuaca panas ini bakal merusak beberapa komponen, terutama pada sepeda motor. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa komponen yang cepat rusak jika terpapar panas.

1. Ban motor

Jika terlalu sering terpapar panas, maka kualitas ban sepeda motor akan cepat menurun. Seperti tekstur ban yang akan mengalami pecah-pecah.

2. Rantai

Untuk sepeda motor yang menggunakan rantai, maka komponen ini bisa rentan rusak jika terkena panas menyengat, di mana menyebabkan pelumas pada rantai kering lebih cepat, sehingga kerja rantai tidak halus alias terdengar kasar.

BACA JUGA:

Astra Otoparts Ramaikan IMOS 2023, Hadirkan Aplikasi Astra Otoshop

Mitsubishi Sebut Tahun Politik Tidak Pengaruhi Penjualan

3. Bodi motor

Bagian ini juga bakal rusak jika terus menerus terpapar panas atau sinar matahari. Warna bodi motor akan memudar jika terus terpapar panas ekstrim.

4. Bearing roda

Bearing roda atau yang biasa disebut dengan laher juga jadi salah satu komponen yang gampang rusak kalau terpapar panas ekstrim. Suhu yang tinggi akan membuat pelumas pada bagian ini mengeras karena laher dan sealnya memuai.

Untuk mencegah kerusakan pada komponen tersebut akibat cuaca panas, maka disarankan jika sepeda motor tidak digunakan untuk parkir di tempat yang terlindung dari paparan sinar matahari.

(mc/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *