Ini Cara Merawat Motor Matik

Ilustrasi motor matik (dok. Suzuki)

OTO Mounture — Memiliki kendaraan bermotor pastinya kita diharuskan untuk melakukan perawatan berkala, agar performa kendaraan tetap terjaga. Adapun cara merawat kendaraan, khususnya sepeda motor saat ini sudah menjadi wawasan yang wajib dipahami semua kalangan.

Dalam hal ini motor matik yang saat ini lebih populer dengan berbagai kelebihannya. Namun demikian, tetap saja untuk membuatnya awet, perawatannya harus baik. Berikut ini beberapa cara perawatan untuk motor matik injeksi seperti dilansir dari laman Suzuki Indonesia, belum lama ini.

1. Melakukan pengecekan bahan bakar pada kendaraan

Kebanyakan sekarang motor matik bahan bakarnya tidak lagi memanfaatkan karburator, akan tetapi memilih untuk menggunakan sistem injeksi. Salah satu kelebihan jika Anda memilih menggunakan motor matik sistem injeksi adalah bahan bakar pada motor Anda akan lebih irit.

Salah satu perawatan penting motor jenis ini adalah dengan memastikan bahwa tangki motor selalu dalam posisi terisi bahan bakar. Misalnya, dengan melakukan pengecekan selama dua atau tiga hari sekali jika tangki hampir kosong, maka segeralah untuk diisi ulang.

Ini tentu juga penting dilakukan sebelum bepergian. Agar motor tidak mengalami kerusakan selama perjalanan, maka pastikan mengisi bahan bakar terlebih dahulu jika sudah waktunya diisi. Jika Anda melakukan perjalanan jauh, pastikan mengecek secara berkala di tengah perjalanan tersebut.

2. Melakukan penggantian oli pada mesin secara berkala

Langkah kedua untuk menjaga agar motor matik tetap berfungsi dengan baik adalah melakukan pergantian oli mesin secara rutin atau berkala. Jika Anda sudah melakukan pemakaian motor dengan jarak 1.500 sampai dengan 2.000 kilometer, pergilah ke bengkel resmi terdekat guna mengganti oli pada mesin.

Jika sampai lalai melakukan penggantian oli pada mesin, maka elemen yang terdapat di dalam motor akan mengalami kerusakan dan motor bisa saja langsung tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Selalu memanaskan motor sebelum digunakan

Cara yang tak kalah penting agar motor matik injeksi tetap bisa digunakan secara baik adalah memanaskan motor. Biasakan sebelum berpergian kemanapun, panaskanlah motor terlebih dahulu selama lima sampai dengan sepuluh menit.

Adapun manfaat melakukan hal ini adalah, mesin motor yang akan berfungsi secara stabil dan bahan bakar yang terdapat di dalam motor bisa menyebar ke seluruh bagian mesin. Biasanya, memanaskan motor dilakukan di pagi hari.

3. Periksa shockbreaker

Perawatan selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada shockbreaker atau yang biasa dikenal sebagai peredam kejut. Peredam kejut ini memiliki fungsi sebagai mengontrol kejutan pada motor ketika sedang digunakan.

Peredam kejut ini berbentuk seperti tabung yang akan menjalankan fungsinya ketika motor akan berbelok atau sedang berada di jalan yang tidak rata. Jika telah melewati perjalanan dengan total kecepatan 10.000 kilometer, alangkah baiknya segera mengganti oli pada bagian shockbreaker.

Tentu Anda harus benar-benar mengetahui motor sudah dipakai berapa lama agar tidak terlambat dalam mengganti oli pada bagian ini. Jika bingung, Anda bisa mencatat pola perawatan rutinnya di buku servis agar lebih mudah mengetahui jadwal penggantiannya.

4. Periksa bagian V-belt dan Roller

Cara merawat motor matik yang selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bagian V- Belt dan Roller. Bagian ini fungsinya sama dengan rantai yang terdapat pada motor manual atau pada motor sport, yakni untuk pengantar daya yang berasal dari dalam mesin.

Bagian ini merupakan bagian yang rentan terkena kotoran, sehingga harus dilakukan pengecekan rutin. Jika terdapat bunyi dari bagian ini maka gantilah dengan van belt dan roller yang baru.

Penting diketahui jika Anda akan melakukan perjalanan jauh maka pastikanlah jika kedua bagian ini berfungsi dengan baik. Sebab bila kedua bagian ini tidak diperiksa, bisa saja motor akan mengalami gangguan di tengah jalan. Ini akan lebih menyulitkan jika bengkel jauh dari lokasi.

5. Kendarai motor dengan benar

Ketika sedang mengendarai motor, lakukanlah dengan cara yang sewajarnya agar motor tetap awet dan berumur panjang. Alangkah baiknya jangan sering menggunakan motor dengan kecepatan di atas rata-rata. Jangan pula sering melakukan pengereman mendadak. Hal itu bisa membuat motor cepat rusak dan tentu ini akan merugikan.

6. Periksa keadaan aki dan busi

Salah satu penyebab motor tiba-tiba mengalami mogok di tengah jalan adalah karena aki dan busi yang terdapat di dalamnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal itu tentu tidak akan terjadi apabila Anda sering melakukan pengecekan rutin terhadap dua komponen tersebut.

Aki dan busi merupakan komponen penting yang ada di dalam motor, sehingga jika mengalami kerusakan Anda harus segera membawanya ke bengkel untuk diganti dengan yang baru. Jangan abaikan aki dan busi motor dengan tidak merawatnya, karena itu tentu akan merugikan Anda sendiri.

7. Sering ke bengkel untuk melakukan servis motor

Selanjutnya adalah rutin membawa motor ke tempat servis resmi. Misalnya dilakukan ketika hari libur atau akhir pekan, hari dimana Anda jarang menggunakannya. Hal ini untuk membantu mengecek ketika ada komponen di dalam motor yang mengalami kerusakan.

Petugas dari tiap bengkel resmi biasanya akan melakukan pemeriksaan seluruh bagian motor. Jika dilakukan secara rutin, maka motor matik pun akan lebih awet. Hal ini bahkan sangat dibutuhkan bagi motor matik yang memang lebih rentan dan membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan motor manual.

8. Jangan bawa beban yang berat

Selain berfungsi sebagai sarana transportasi untuk mengantar ke berbagai tujuan, motor juga bisa digunakan untuk mengantar barang. Tak jarang pemilik motor menggunakannya untuk membawa banyak barang bawaan sekaligus.

Akan tetapi, pastikanlah bahwa beban yang Anda bawa tidak akan mengganggu kerja dari shockbreaker. Jika beban yang dibawa terlalu berlebihan, maka bagian tersebut akan bekerja lebih ekstra dan tentu akan cepat mengalami kerusakan.

9. Lakukan perawatan harian di rumah

Cara merawat motor matik injeksi ketika berada di rumah sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu memanaskan motor ketika pagi hari. Selain itu memastikannya tetap terisi bahan bakar tentu juga penting sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya. Menjaga kebersihan motor dan mengecek mandiri beberapa komponen umumnya tentu juga tidak kalah penting. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.