Ini Cara Cegah Penularan Virus di Kabin Mobil

Ilustrasi AC mobil (OTO Mounture)

OTO Mounture — Kuman dan penyakit/virus di sekitar kita bisa menyebar melalui partikel-partikel kecil di udara. Seperti virus flu, risiko penularan bisa terjadi melalui udara terlebih di ruang tertutup dan ramai serta kondisi tubuh kita sedang tidak fit. Di sisi lain, kabin mobil merupakan lingkungan tertutup dan terbatas, apalagi saat pengguna kendaraan menggunakan AC selama perjalanan.

AC mobil menganut sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di dalam kabin untuk didinginkan dan diembuskan kembali via kisi AC di dasbor atau blower di atap. Oleh karena itu, pemilik kendaraan wajib menjaga kebersihan kabin dan AC mobil untuk mencegah penularan virus.

Nah, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan guna mencegah penularan virus melalui udara di kabin mobil, seperti dikutip dari keterangan tertulis Auto2000, Rabu, 15 Juli 2020.

1. Pakai masker di dalam mobil,

Sebaiknya tetap memakai masker di dalam mobil, terutama jika penumpang lain tidak tinggal di rumah yang sama.

2. Bersihkan kokpit mobil,

Setiap pagi, selalu bersihkan area kokpit mobil, seperti dasbor, konsol tengah, dan panel pintu menggunakan pembersih interior yang ramah lingkungan. Bersihkan pula lantai dan karpet di bagian penumpang depan karena udara dari wilayah tersebut yang dimanfaatkan oleh sistem AC mobil.

3. Buka jendela secara berkala,

Kalian bisa sedikit membuka jendela selama 2-3 menit setiap 1 jam sekali untuk membuat udara di dalam kabin bersirkulasi dengan udara luar. Atau bisa pula memanfaatkan tombol sirkulasi di panel AC untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin mobil.

4. Jaga kebersihan filter kabin AC,

Banyak pemilik mobil yang tidak tahu keberadaan filter kabin AC. Padahal, filter ini mempunyai tugas penting untuk membersihkan udara dari kabin yang akan didinginkan kembali. Jika filter ini tidak bekerja optimal, maka kotoran yang terbawa ke dalam sistem AC akan ikut diembuskan kembali ke dalam kabin.

5. Pastikan evaporator bersih,

Evaporator bertugas mendinginkan udara yang diambil dari dalam kabin untuk diembuskan lagi lewat kisi AC. Pipa evaporator rawan bakteri, jamur dan virus karena lembab dan kotor, terutama bila AutoFamily alpa mengganti filter kabin AC. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.