Cara Lakukan Pengereman Motor Matik di Jalan Menurun

Ilustrasi (dok. Forwot)

OTO Mounture — Sistem pengereman pada sepeda motor merupakan salah satu piranti penting untuk keamanan selama berkendara. Tak hanya itu, pengendara juga memerlukan pengetahuan mengenai teknik pengereman agar terhindar dari kesalahan yang membuat terjadinya kecelakaan.

Pengendara sepeda motor atau bikers perlu mengetahui waktu serta teknik yang tepat saat akan menekan tuas rem agar ‘kuda besi’ mampu mengurangi kecepatannya. Terkait hal itu, Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta memberikan kiat pengereman sepeda motor matik ketika di jalanan menurun.

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah memastikan telah menggunakan perangkat keselamatan sebelum berkendara, seperti helm, jaket, celana panjang, sarung tangan, sepatu dan memastikan kondisi tubuh sehat dan motor dalam keadaan prima.

Selanjutnya, pelajari jalur yang akan dilalui, pengendara bisa mencarinya melalui sosial media atau internet agar lebih mengenal dengan kondisi jalur yang akan dilintasi.

Selain itu, pastikan kondisi rem sepeda motor prima, cek kondisi minyak rem agar volume dan kualitas minyak rem sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan tidak ditemukan kebocoran minyak rem. Perhatikan kondisi kampas rem, pastikan kampas rem dalam kondisi baik dan tidak habis.

Baca juga: Jangan Gunakan Dua Jari saat Ngerem Motor, Ini Alasannya

Saat dalam perjalanan, jaga kecepatan yang aman agar mudah untuk mengendalikan motor. Gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan saat melakukan pengereman, hindari melakukan pengereman secara mendadak dan keras ini akan membuat ban mudah slip.

Pastikan posisi tubuh yang tepat saat melakukan pengereman, posisikan badan agak tegak, pandangan luas ke depan, lengan dan bahu kondisi rileks, genggaman tangan di stang motor cukup kuat juga rileks, gunakan jari tangan Anda untuk menarik tuas rem dengan kekuatan jari yang cukup.

Dalam kondisi jalan menurun yang panjang, hindari penggunaan rem secara terus-menerus dalam waktu yang lama, ini dapat membuat perangkat pengereman motor menjadi panas, yang menyebabkan kekuatan rem berkurang.

Apabila kekuatan rem dirasakan berkurang, sebaiknya berhenti sejenak agar kondisi suhu rem turun dan kekuatan rem bisa kuat kembali. (OM/LS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *