Cara Cegah Sakit Pinggang saat Perjalanan Jauh

Ilustrasi berkendara – Foto: Suzuki

OTO Mounture — Melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik menggunakan kendaraan, terutama mobil pastinya akan menguras tenaga karena jarak tempuhnya yang cukup jauh.

Adapun perjalanan jarak jauh tersebut berpotensi membuat sakit pinggang dikarenakan terlalu lama duduk dalam kendaraan. Untuk itu, ada beberapa langkah pencegahan agar pinggang tidak sakit saat perjalanan mudik.

Berikut ini beberapa kiat mencegah sakit pinggang saat perjalanan jauh seperti mudik lebaran yang bersumber dari Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi (Konsultan Tulang Belakang) dr. Rizki Gatam.

1. Pastikan posisi duduk dengan benar

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan duduk dengan posisi tubuh yang benar, tidak membungkuk atau bertekuk. Pastikan untuk duduk dengan posisi tubuh tegak dan rileks agar mudik lebih nyaman.

2. Ubah posisi duduk setiap 30 menit

Lakukan pengubahan posisi duduk setiap 30 menit, agar otot-otot di sekitar pinggang tidak tegang akibat terlalu lama duduk. Adapun dengan mengubah posisi duduk, maka membantu untuk meregangkan otot-otot yang tegang dan memperlancar sirkulasi darah agar terhindar dari risiko sakit pinggang.

BACA JUGA:

Pascamudik, Penting Lakukan Pemeriksaan pada Mobil

Ukuran Garasi Mobil yang Ideal untuk Rumah

3. Lakukan peregangan setiap 60 – 90 menit

Peregangan dilakukan untuk mencegah otot-otot terasa kaku akibat terlalu lama duduk dan diam tanpa gerakan. Cobalah melakukan peregangan setidaknya 60 – 90 menit sekali dengan meregangkan kaki, tangan dan punggung.

4. Siapkan lumbar support

Siapkan lumbar support atau penyangga pinggang untuk menopang tubuh. Hal ini berguna agar tulang belakang dan bokong terasa nyaman selama perjalanan. Lumbar support itu bisa berupa bantal pinggang atau korset yang dilingkarkan di pinggang.

5. Rencanakan lokasi beristirahat

Cobalah untuk berhenti berkendara setiap 3 – 4 jam perjalanan untuk sekedar berdiri, meregangkan tubuh dan mencukupi asupan dalam tubuh seperti minum atau makan.

(om/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *