Beberapa Ide Modifikasi Mobil Sedan Klasik

BMW E30 – Foto: BMWCCI Jakarta Chapter

OTO Mounture — Tren memiliki mobil tua alias klasik saat ini tengah digandrungi. Adapun mobil-mobil tersebut dimodifikasi sedemikian rupa agar tampak lebih menawan bahkan tampil lebih modern.

Adapun salah satu jenis mobil yang menjadi buruan para kolektor mobil klasik ialah mobil berjenis sedan. Berikut beberapa ide modifikasi mobil sedan tua yang bisa Anda coba.

1. Ceper

Memodifikasi mobil menjadi bergaya ceper terbilang sangat cocok untuk anak-anak muda yang suka menjadi pusat perhatian, sebab mobil ceper terlihat lebih mewah dan garang ketika dilihat dari kejauhan.

Namun, ada perasaan kurang nyaman ketika melakukan modifikasi mobil menjadi ceper, karena ground clearance menjadi terlalu rendah, dan sulit untuk melintasi jalan yang berlubang hingga polisi tidur.

Kendati demikian, bukan berarti impian untuk memiliki sedan ceper tidak bisa terwujudkan. Sebab pengendara bisa merasa tetap nyaman dengan menyematkan air suspension, yang diklaim mampu mengatur tinggi rendahnya ground clearance kendaraan sesuai medan yang dilalui.

Sayangnya penggunaan air suspension ini, maka Anda harus rela mengeluarkan anggaran besar untuk bisa melakukannya.

BACA JUGA: Penjualan Mobil di Indonesia Meningkat 10 Persen pada Agustus 2023

2. Balap

Bagi yang ingin tampil sporty dan lebih garang, cobalah melakukan modifikasi sedan bak mobil balap. Sebelum melakukannya, pastikan bekalan mesinnya mumpuni untuk mendukung aktivitas balapan. Sebab kapasitas mesin balap tentunya lebih besar dibandingkan city car, sehingga Anda tidak bisa melakukannya sembarangan.

Jika memang tertarik memodifikasinya layaknya mobil balap meski mesin bawaan kurang memadai, maka Anda harus melakukan swap engine menggunakan mesin yang lebih kompeten untuk melakukan aktivitas balapan. Bahkan beberapa waktu belakangan, swap engine sudah menjadi hal lumrah karena mampu meningkatkan performa mesin kendaraan.

3. JDM

Siapa bilang mobil tua tidak bisa dimodifikasi dengan gaya kekinian, seperti aliran JDM (Japanese Domestic Market), di mana tren ini kebanyakan didominasi anak-anak muda yang terinspirasi dari film balapan asal Jepang.

Aliran modifikasi JDM mempunyai ciri khas, yaitu menggunakan komponen, sparepart dan aksesories pendukung lainnya yang berasal dari Jepang. Selain itu, biasanya body dibuat lebih berwarna dan terlihat simpel dan bersih. Terdapat pula stiker-stiker ala Jepang untuk mempertegas aliran tersebut.

BACA JUGA: Hindari Kredit Macet, FIFGroup Lakukan Seleksi Calon Nasabah

4. Retro

Kendati memiliki mobil tua, bukan berarti tidak mengikuti gaya tren modifikasi retro. Sebab, modifikasi retro lebih mengutamakan orisinalitas pada setiap part mobilnya, baik itu bagian interior maupun eksterior. Semakin banyak part ori yang dimiliki mobil tersebut maka semakin mendekati sempurna. (OM/LS)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *