Sensasi Berkendara dengan BYD Atto 3 dari Bandung ke Jakarta

Foto: OTO Mounture/Luchito Sangsoko

OTO Mounture — Kendaraan listrik Atto 3 merupakan salah satu produk yang telah diperkenalkan oleh pabrikan otomotif asal Tiongkok, Build Your Dreams (BYD) ke pasar Indonesia.

Kendaraan di segmen sport utility vehicle (SUV) berkapasitas lima penumpang ini hadir dengan sejumlah fitur-fitur unggulan yang tak kalah dengan kendaraan konvensional.

Untuk mencoba sensasi berkendara dengan mobil listrik ini, BYD mengajak sejumlah awak media, termasuk OTO Mounture untuk menjajal Atto 3 dari Bandung ke Jakarta pada 30 – 31 Januari 2024.

Setidaknya ada sembilan unit Atto 3 yang disiapkan untuk ‘disiksa‘ oleh para awak media untuk mengupas performa hingga fitur-fitur yang dibenamkan. Test driver OTO Mounture kedapatan untuk mencoba Atto 3 berkelir hitam bersama dengan tiga media lainnya.

BACA JUGA: Alasan BYD Hadirkan Atto 3 ke Indonesia

Foto: OTO Mounture/Luchito Sangsoko

Kesan pertama yang tampak saat melihat desain eksterior Atto 3 ialah sporty dan kekinian, di mana mobil ini mengusung lampu depan crystal LED dan lampu belakang LED. Mobil ini juga hadir dengan panoramic sunroof serta beberapa sentuhan warna berbeda untuk pilar C.

Masuk ke dalam kabin, test driver OTO Mounture yang memiliki tinggi 180 centimeter merasakan kenyamanan saat duduk di bangku kemudi ataupun penumpang, yang mana head room, dan leg room Atto 3 terbilang cukup lega serta nyaman dengan jok yang dibalut kulit. Selain itu, kekedapan mobil ini juga terbilang mumpuni.

Tampilan interiornya pun terlihat futuristik dengan adanya layar head unit berukuran 15,6 inci. Menariknya, head unit ini bisa dirotasi secara vertikal maupun horizontal.

BACA JUGA: Beberapa Fitur di Mobil untuk Berkendara saat Hujan

Interior BYD Atto 3 – Foto: OTO Mounture/Luchito Sangsoko

Untuk performa, mobil ini cukup mumpuni saat melibas jalur-jalur menanjak. Daya gedornya pun sangat mengesankan, terlebih saat menggunakan mode sport saat berkendara yang membuat mobil ini lebih responsif.

Pada sektor keselamatan, mobil ini berlimpah fitur, seperti kamera 360 yang dapat melihat ke semua sudut mobil. Mobil ini juga memiliki fungsi radar di segala sisi dan BYD Intelligent system yang terdiri dari beberapa fitur ADAS, seperti intelligent driving, driving assistant, active safety, dan parking assistance.

Berbicara daya baterainya, berkendara dari Bandung hingga Jakarta dengan kapasitas awal baterai sebesar 99 persen, mobil ini menyisakan daya sekitar 54 persen dengan jarak tempuh 155,4 kilometer.

Secara keseluruhan, berkendara menggunakan BYD Atto 3 cukup menyenangkan karena performanya yang sangat responsif. Namun, ada beberapa catatan yang bisa menjadi masukan yaitu suspensi pada bagian belakang terasa agak sedikit keras saat melibas jalanan yang berlubang.

Selain itu, mobil ini belum menyematkan fog lamp yang merupakan salah satu kelengkapan yang cukup dibutuhkan saat melintasi jalur-jalur seperti pegunungan yang seringkali turun kabut.

(om/ls)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *