Mengenal Ragam Varian Lampu Mobil

Ilustrasi lampu (dok. Suzuki)

OTO Mounture — Saat ini fungsi lampu mobil tak sekedar untuk penerangan saja, namun sudah berkembang menjadi aksesoris yang mempercantik penampilan mobil. Ada banyak jenis lampu mobil yang bisa dijadikan pilihan, baik untuk fungsi utama sebagai penerangan ataupun digunakan untuk aksesoris tambahan.

Selama ini orang mengenal lampu mobil hanya sebatas fungsi utama. Seiring perkembangan zaman,  ada banyak dijumpai berbagai jenis lampu untuk mobil. Fungsi dari lampu mobil pun juga bermacam-macam.

Lantas apa saja jenis dan fungsi lampu mobil? Mengutip dari laman Suzuki Indonesia, disebutkan bahwa jenis lampu mobil ini bisa dibedakan berdasarkan bahan dan juga tingkat intensitas cahayanya. Berbagai varian lampu mobil diantaranya:

1. Halogen,

Jenis lampu halogen ini merupakan jenis lampu yang paling banyak digunakan mobil. Biasanya lampu halogen ini dipasang pada penerang utama (headlamp), yaitu pada bagian depan mobil. Kekuatan yang dihasilkan oleh lampu halogen ini berkisar antara 35-55 watt.

Lampu halogen memiliki cara kerja dengan mengoperasikan filamen suhu tinggi. Karena lampu halogen ini menggunakan filamen seperti lampu pijar umumnya, dalam pengoperasian filamen ini dapat menghasilkan cahaya atau pijar yang lebih terang.

2. HID (High Intensity Discharge),

Berbeda dengan lampu halogen, lampu HID dibuat tanpa menggunakan filamen. Cahaya yang dihasilkan dari pengapian gas Xenon berada di dalam tabung. Meskipun tanpa filamen, cahaya yang dihasilkan lebih terang dibandingkan dengan lampu halogen.

Di samping itu, cahaya yang dihasilkan juga lebih tahan lama meskipun tanpa membutuhkan daya yang tinggi. Tetapi sayangnya, penggantian lampu jenis ini membutuhkan arus listrik yang berbeda sehingga prosesnya agak rumit karena harus menggunakan ballast untuk menyeimbangkannya.

3. LED (High Emitting Diodes),

Lampu LED sudah lama dikenal sebagai lampu penerang dalam ruangan. Di kendaraan bermotor, lampu jenis ini biasa digunakan untuk rem dan juga pada plat motor. Tetapi sekarang ini, lampu LED juga sering digunakan sebagai lampu utama kendaraan bermotor.

Lampu LED mobil ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya dengan daya yang lebih kecil, intensitas cahaya yang dihasilkan jauh lebih terang dan kuat, dibandingkan dengan lampu HID. Lampu ini juga mempunyai ketahanan yang lebih baik, sehingga cenderung tahan lama.

Alasan lampu ini banyak digunakan, karena dalam pemasangannya tidak ribet, tidak membutuhkan ballast pemasangannya. Namun untuk pemasangannya membutuhkan penambahan relay dan conversion kit yang biasanya sudah merupakan satu paket dalam pembelian lampu LED.

Uniknya, lampu LED ini dibagi menjadi beberapa macam, diantaranya LED Limited, biasa digunakan sebagai lampu utama karena memiliki daya yang tinggi. Sedangkan LED Cree, merupakan lampu tambahan yang biasa digunakan pada rem dan juga sebagai sein. Serta LED COB (chip and board), lampu ini merupakan susunan deretan chips dalam satu papan, dan biasa digunakan sebagai lampu kabin platform. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.