Lazada Luncurkan Program Otomotif Anak Negeri

OTO Mounture — Untuk mendukung perekonomian lokal, khususnya industri otomotif, paltform e-commerce, Lazada Indonesia meluncurkan program bertajuk ‘Otomotif Anak Negeri’ di kanal Lazada Pojok Otomotif.

Pojok Otomotif sendiri merupakan kanal khusus kebutuhan produk maupun jasa servis otomotif di Lazada yang memiliki ratusan seller, di mana 90 persennya merupakan seller UMKM lokal. Sebagai wadah bagi UMKM otomotif Indonesia untuk terus berkembang, seller otomotif yang bergabung di Lazada pun diklaim kian meningkat hingga 1,7 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

VP Commercial – Automotive, Lazada Indonesia, Canggih Satriatama, mengatakan industri otomotif merupakan salah satu industri yang sangat terdampak saat pandemi melanda. Namun, pihaknya percaya industri otomotif Indonesia masih memiliki potensi yang besar untuk berkembang.

Oleh karena itu, kata dia, program Otomotif Anak Negeri ini ditujukan untuk meningkatkan gairah konsumen dalam mendukung seller UMKM lokal sekaligus memudahkan mereka memenuhi berbagai kebutuhan otomotif.

“Sejak diperkenalkan, para seller UMKM lokal di Pojok Otomotif banyak memperoleh pelanggan baru. Dari data terlihat pengunjung ke kanal Pojok Otomotif meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu, serta ada peningkatan penjualan sebanyak tiga kali lipat di periode September 2021 dibandingkan dengan bulan April di tahun yang sama,” ungkapnya pada diskusi virtual, belum lama ini.

Program Otomotif Anak Negeri adalah merupakan program yang hadir untuk konsumen, di mana konsumen yang berbelanja di kanal Pojok Otomotif bisa mendapatkan diskon hingga 80% untuk suku cadang, dan servis, promo gratis ongkir juga kesempeatan untuk memenangkan unit motor Yamaha tipe Yamaha Gear 125 Standard yang diundi setiap bulan.

Hingga Desember 2021 ini, Pojok Otomotif telah memberikan total 12 motor kepada konsumen yang beruntung. Selain membuat program untuk konsumen agar Pojok Otomotif disebut dapat menjadi solusi kebutuhan otomotif yang lengkap dan terpercaya, Lazada juga memiliki berbagai program pendampingan untuk seller, agar bisa menciptakan produk berkualitas global dengan harga yang kompetitif.

Beberapa diantaranya seperti ‘Raja Spare Part’ dan ‘Ghento King’, dua seller lokal di Pojok Otomotif yang kini telah berhasil membuat brand mereka semakin dipercaya konsumen dan memperluas pasar dengan menjangkau konsumen dari seluruh wilayah di Indonesia, tidak hanya terbatas pada area lokal mereka saja.

Nurrizki, Owner Raja Spare Part, mengatakan bahwa waktu itu dirinya memutuskan untuk merambah ke dunia e-commerce supaya bisa selalu memenuhi permintaan konsumen untuk produk leher knalpot.

“Ternyata, pasar online sangat besar dibandingkan dengan berjualan secara offline. Walaupun awalnya sulit, tetapi lewat program-program Lazada sangat membantu saya sebagai seller baru. Selama beberapa bulan, saya diajari bagaimana membuat program dan bagaimana menggunakan fitur-fitur yang ada,” tutur dia.

“Pesanan banyak sekali terutama waktu kampanye-kampanye, orderan naik terus sampai saya kesulitan stok – soal distribusi juga makin baik. Dulu saya hanya punya 3 karyawan, sekarang sudah menjadi 17 orang karyawan. Kalau orderan banyak, lingkungan saya juga bisa ikut terbantu,” tambahnya.

Serupa dengan Raja Spare Part, Ghento Shop, seller asal kota Cikarang juga turut membagikan kisah suksesnya saat bergabung dengan Lazada. Aries, Owner Ghento King Shop mengatakan dirinya memutuskan bergabung dengan Lazada sejak Agustus 2020 karena melihat potensi pasar di e-commerce sangat besar.

“Fokus saya spare part untuk RX King, karena memang saya hobi. Jadi ini dari hobi yang membawa rejeki buat saya. Pasar saya juga semakin besar, pada mulanya, konsumen saya hanya terbatas dari komunitas RX King di sekitar saya,” jelasnya.

Namun, lanjut dia, sejak bergabung dengan Lazada, marketnya menjadi semakin luas, hingga kini, pihaknya sering mengirim barang untuk para konsumen dari Sabang sampai Merauke, order harian meningkat tinggi apalagi di masa-masa kampanye. “Profit penjualan meningkat hingga 100%. Apalagi dengan promo-promo seperti gratis ongkir dan Bonus Dadakan, ordernya semakin luar biasa,” tukas dia.

Adapun kedua sellers tersebut merupakan sebagian dari sellers yang ada dalam program Rising Star Pojok Otomotif Lazada. Program Rising Star adalah sebuah program pendampingan bagi seller yang berpotensi. Seller yang terpilih akan dihubungi dan dipandu oleh Lazada selama 3 bulan dari sisi operasional, komersial termasuk analisa bisnis.

“Di Indonesia ada banyak sekali UMKM otomotif yang keren, tapi sayangnya belum banyak dikenal. Karena itulah Lazada punya Pojok Otomotif dan inisiatif seperti program Otomotif Anak Negeri, agar lebih banyak peluang bisa terbuka bagi para pelaku UMKM otomotif Indonesia dan konsumen pun bisa memenuhi kebutuhan mereka akan produk otomotif berkualitas global dengan harga yang kompetitif,” tutup Canggih. (OM/RIL)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *