Keuntungan Servis Mobil Matik di Bengkel Spesialis

Ilustrasi (OTO Mounture)

OTO Mounture — Belakangan ini, populasi kendaraan, khususnya mobil bertransmisi otomatis atau matik terbilang cukup banyak dan memiliki banyak peminat dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual.

Dibalik kemudahan dalam penggunaannya, mobil matik rupanya membutuhkan perawatan yang lebih rumit jika dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Namun, tak perlu khawatir karena saat ini banyak bengkel-bengkel spesialis untuk mobil matik, di luar bengkel resmi pabrikan.

Adapun bengkel spesialis ini memang hanya mengkhususkan melakukan servis untuk kendaraan bertransmisi otomatis saja, walaupun tidak menutup kemungkinan menerima servis untuk kendaraan bertransmisi manual juga.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa keuntungan melakukan servis di bengkel spesialis matik.

1. Alat yang digunakan

Bengkel spesialis matik biasanya mempunyai peralatan yang lebih lengkap dibandingkan bengkel umum lainnya. Sebab, perbaikan transmisi otomatis membutuhkan peralatan yang lebih banyak dibandingkan jenis transmisi lainnya. Bengkel spesialis ini memiliki alat-alat yang mendukung perbaikan mobil matik, yang mana belum tentu alat-alat tersebut dimiliki oleh bengkel umum.

2. Mekanik handal

Mekanik yang ada di bengkel spesialis, biasanya memiliki kehandalan serta pengalaman yang mumpuni di bidang ‘permatikan’, di mana mekanik bengkel spesialis biasanya jebolan dari bengkel-bengkel resmi. Maka tak heran, mekanik-mekanik di bengkel spesialis akan lebih memahami seluk beluk mengenai persoalan mobil-mobil bertransmisi otomatis.

3. Biaya jasa

Biaya jasa di bengkel spesialis cenderung lebih murah dibandingkan dengan bengkel resmi. Sebab, biasanya bengkel-bengkel spesialis mobil matik masih berstatus UMKM, di mana belum dikenakan pajak sebesar bengkel resmi. Jadi, biaya yang dibebankan ke konsumen juga pasti lebih rendah.

4. Garansi

Seperti halnya bengkel resmi, biasanya bengkel spesialis pun memberikan garansi perbaikan. Tetapi biasanya durasi waktu garansi antara bengkel resmi dan bengkel spesialis berbeda. (OM/LS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *